6 Makanan penambah imun tubuh, ada brokoli juga bayam

Selasa, 24 Agustus 2021 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Makanan penambah imun tubuh, ada brokoli juga bayam

KONTAN.CO.ID - Memiliki sistem imun tubuh yang kuat jadi salah satu cara terhindar dari berbagai jenis penyakit. Nah, untuk mendapatkan hal itu, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan penambah imun.

Anda tak perlu khawatir karena ada banyak pilihan yang tersedia. Buah sitrus, seperti jeruk atau lemon, adalah jenis bahan alami pertama yang bisa Anda coba.

Bukan tanpa alasan, jenis buah itu mengandung banyak vitamin C yang mampu meningkatkan produksi sel darah putih. Dengan begitu, risiko infeksi penyakit dapat Anda atasi dengan baik.

Setiap orang membutuhkan jumlah vitamin C yang berbeda-beda. Mengutip dari Healthline, wanita membutuhkan 75 mg vitamin C per hari sedangkan pria membutuhkan 90 mg vitamin C per hari.

Sebenarnya, kebutuhan vitamin C dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi suplemen. Namun, pastikan untuk mengonsultasikannya dulu ke dokter, ya.

Selain mengonsumsi buah sitrus sebagai sumber vitamin C, masih banyak makanan lain yang bisa menjaga sistem imun tubuh Anda:

Baca Juga: Cara meningkatkan daya tahan tubuh mencegah Covid-19 dengan obat herbal

Brokoli

Tahukah Anda bahwa brokoli bisa menjaga sistem imun tubuh? Tak hanya mengandung vitamin C, brokoli juga menyimpan nutrisi penting yang lain.

Mulai dari vitamin E, antioksidan, hingga serat. Supaya nutrisi itu bisa terserap tubuh secara maksimal, usahakan untuk tidak memasak brokoli terlalu lama.

Jahe

Bukan lagi jadi rahasi kalau jahe termasuk salah satu makanan penambah imun tubuh. Kandungan dalam jenis rempah itu mampu meredakan peradangan dalam tubuh.

Tidak berhenti sampai di situ, jahe juga efektif digunakan sebagai obat sakit tenggorokan dan mengurangi mual.

Yogurt

Bagi penggemar yogurt, Anda bisa bergembira karena produk olahan susu itu bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Namun, usahakan untuk mengonsumsi yogurt tanpa rasa atau pemanis tambahan, ya.

Supaya cita rasanya lebih lezat, Anda bisa mengombinasikan yogurt plain dengan buah-buahan.

Bawang putih

Melansir Healthline, sistem imun tubuh dapat meningkat saat Anda rutin mengonsumsi bawang putih.

Selain itu, makan bawang putih secara teratur juga bisa mengurangi pengerasan dinding arteri. Dengan begitu, tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: Inilah daftar obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh mencegah Covid-19

Bayam

Ada banyak pilihan makanan penambah imun tubuh, salah satunya adalah bayam.

Makanan penambah imun tubuh lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah bayam. Banyaknya vitamin C, antioksidan, dan beta karoten yang terdapat dalam bayam efektif mencegah infeksi berbagai jenis penyakit.

Teh Hijau

Supaya sistem imun tubuh tetap terjaga, tak ada salahnya untuk rutin minum teh hijau. Selain mengandung banyak antioksidan, asam amino yang terdapat dalam jenis herbal itu bisa meningkatkan produksi senyawa yang melawan kuman penyebab penyakit.

Selanjutnya: Ini kiat menjaga imun tubuh selama pandemi, sudah praktik?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru