kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan Ini Wajib Anda Hindari saat Menjalani Program Hamil, Catat Apa Saja


Kamis, 25 Januari 2024 / 16:26 WIB
5 Makanan Ini Wajib Anda Hindari saat Menjalani Program Hamil, Catat Apa Saja
ILUSTRASI. 5 Makanan Ini Wajib Anda Hindari saat Menjalani Program Hamil, Catat Apa Saja.


Penulis: Tiyas Septiana

Makanan Wajib Program Hamil -  Bagi masyarakat yang akan memulai atau sedang menjalani program hamil atau promil, sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis makanan dan minuman.

Ada beberapa faktor yang dapat berperan dalam kemampuan individu atau pasangan untuk hamil. Salah satunya adalah nutrisi yang baik yang menjadi kunci kesuburan. 

Beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah melakukan penelitian tentang pola diet dan makanan tertentu yang harus ditambah atau dikurangi dari gaya hidup untuk mendapatkan peluang terbaik saat pembuahan terjadi.

Dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) FIK Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Firdausi Nuzula, memaparkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh calon ibu saat sedang program kehamilan (promil).

Baca Juga: Apa Itu Penyakit Polio? Ini Penyebab, Gejala Penyakitnya, dan Cara Mencegah Polio

Makanan dan minuman tinggi gula

Makanan pertama yang harus dihindari agar kesuburan tetap terjaga adalah soda dan makanan tinggi gula. 

Menurut Firda, gula menyebabkan peradangan dan mengubah hormon, termasuk hormone reproduks,) dan menghambat ovulasi. 

Gula tersembunyi di banyak makanan yang kita konsumsi sehari-hari, seperti dalam soda, minuman energi, dan banyak minuman manis yang lain.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman manis dengan jumlah yang banyak berdampak pada kualitas telur serta kualitas embrio pada wanita. 

Studi lain juga mengatakan bahwa minuman manis, terutama soda dan minuman energi, memiliki efek buruk pada kesuburan pria dan wanita.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau fastfood juga perlu dihindari jika Anda sedang menjalani program hamil. Makanan cepat saji mengandung kadar lemak dan garam yang cukup tinggi. 
Keduanya diketahui dapat mengganggu ovulasi hingga menurunkan kesuburan perempuan. 

Sebuah studi yang diterbitkan di PubMed pada tahun 2018 lalu menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi terlalu banyak makanan cepat saji dan kurang mengonsumsi buah segar lebih sulit untuk hamil.

Makanaan mentah

Bagi Anda yange gemar mengonsumsi makanan mentah seperti sushi dari ikan yang masih mentah, sebaiknya Anda hentikan terlebih dahulu kebiasaan ini saat sedang promil. Makanan mentah dapat mengandung salmonella, bakteri atau toxoplasmosis.

“Hindari daging dan telur mentah atau setengah matang untuk mencegah infertilitas pada wanita. Pastikan untuk memasak semua secara menyeluruh dan matang,” ucap Firda dikutip dari situs UM Surabaya.

Baca Juga: 8 Efek Negatif Telat Makan yang Menimbulkan Gangguan Kesehatan

Alkohol

Minuman yang wajib dihindari karena berpotensi mengganggu kesuburan adalah alkohol. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan pada wanita dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon seks, mempengaruhi ovulasi.

Ikan tinggi merkuri

Ikan memang baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi yang baik. Namun ikan yang mengandung mekuri tinggi justru bisa mengganggu kesuburan.

Ikan laut yang tinggi merkuri adalah makanan yang sebaiknya dihindari ketika seorang wanita yang sedang menjalani program kehamilan.

Menurut Firda, saat seseorang mengkonsumsi ikan kaya merkuri secara rutin, hal tersebut dapat membuat simpanan merkuri di tubuh menjadi banyak yang dapat mempengaruhi kesuburan.

“Bahkan setelah hamilpun dapat memengaruhi sistem saraf bayi yang sedang berkembang dalam kandungan. Pilih makanan laut yang rendah merkuri.” jelasnya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×