5 Makanan ini berguna sebagai cara menurunkan kolesterol

Senin, 20 September 2021 | 08:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan ini berguna sebagai cara menurunkan kolesterol

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara menurunkan kolesterol ada beraneka ragam. Salah satunya adalah mengonsumsi beberapa jenis makanan. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu memeriksakan diri ke dokter, ya. Tetap konsultasikan kondisi Anda supaya kesehatan tetap terpantau.

Sebelum mengenali makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi, sebaiknya perhatikan dulu jenis makanan sepertiapa yang perlu Anda hindari. Melansir Mayo Clinic (mayoclinic.org), hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh.

Makanan kaya lemak jenuh, seperti butter, keju, atau produk olahan susu tinggi lemak lainnya, dapat menambah jumlah kolesterol dalam tubuh. Selain lemak jenuh, lemak trans juga perlu Anda hindari.

Biasanya, lemak trans Anda temukan di minyak sayur, kue kering, atau jenis makanan manis lain. Alih-alih mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung dua hal itu, cobalah untuk rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini.

Baca Juga: Menderita diabetes? Ini 4 jus buah yang efektif menurunkan kadar gula darah

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa Anda manfaatkan sebagai obat kolesterol, lo. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan minyak zaitun. Anda bisa memakainya sebagai salad dressing, mengganti butter dengan minyak zaitun, dan lain-lain.

Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal termasuk cara menurunkan kolesterol yang mudah dilakukan. Jenis makanan itu memiliki kandungan serat yang efektif menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Efek oatmeal untuk kesehatan tubuh akan semakin bertambah jika Anda mencampurnya dengan makanan bergizi yang lain.

Alpukat

Alpukat bisa jadi obat kolesterol, lo. Selain menurunkan kolesterol, rutin mengonsumsi alpukat juga bisa menurunkan berat badan serta risiko penyakit jantung. Cobalah untuk mengolah alpukat dan makanan kaya nutrisi lainnya menjadi salad atau menu diet sehat lainnya.

Baca Juga: 6 jus buah yang efektif mengontrol dan menurunkan gula darah tinggi

Kacang Almond

Makan kacang almond termasuk cara menurunkan kolesterol.

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi kacang almond bisa jadi cara menurunkan kolesterol? Melansir Mayo Clinic, kandungan dalam kacang almond mampu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah. Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah besar, ya.

Whey Protein

Whey protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang bisa Anda temukan di produk olahan susu. Jika Anda ingin mengonsumsi produk olahan susu, pastikan untuk memiliki produk olahan susu tanpa lemak dan pemanis tambahan. Selain dalam produk olahan susu, whey protein juga bisa Anda dapat dalam bentuk suplemen.

Selanjutnya: 5 Obat kolesterol alami yang mudah dibuat sendiri di rumah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru