5 Khasiat daun salam yang punya segudang nutrisi

Senin, 27 September 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Khasiat daun salam yang punya segudang nutrisi

KONTAN.CO.ID - Daun salam biasanya digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak khasiat daun salam yang berguna untuk kesehatan?

Dengan menggunakannya secara rutin, kesehatan tubuh Anda dapat terjaga.

Nutrisi penting yang terkandung dalam daun salam adalah antibakteri, antiinflamasi, dan antikanker. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak vitamin dan mineral lain yang baik untuk tubuh Anda dan terkandung dalam daun salam.

Meski mudah digunakan, usahakan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak, ya. Terlebih bagi Anda dengan kondisi kesehatan tertentu.

Berkonsultasi dulu dengan dokter bisa jadi salah satu cara menghindari efek samping. Sehingga, manfaat daun salam berikut bisa Anda dapat secara optimal:

Mengurangi stres dan cemas

Jika Anda sering stres dan merasa cemas, tak ada salahnya untuk memanfaatkan daun salam. Health Shots menyebutkan, daun salam mengandung linalool, nutrisi yang berguna untuk menurunkan kadar stres.

Baca Juga: Waspada! Ini penyebab gula darah tinggi bagi yang bukan penderita diabetes

Menjaga kesehatan jantung

Jumlah kolesterol yang terus bertambah dapat mengganggu kinerja jantung. Jika terus terjadi, tekanan darah bisa meningkat sehingga berisiko menimbulkan penyakit jantung.

Salah satu langkah pencegahannya adalah rutin mengonsumsi daun salam. Daun salam mengandung rutin dan asam kafeat yang bisa menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Tak hanya itu, dua nutrisi tersebut pun efektif memperkuat dinding kapiler jantung. Artinya, kesehatan jantung dapat terjaga saat Anda rutin mengonsumsi daun salam.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Khasiat daun salam berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah kesehatan sistem pencernaan dapat terjaga. Nutrisi yang terdapat dalam bahan alami itu mampu membantu tubuh mencerna makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Bukan cuma itu, rutin mengonsumsi daun salam juga mampu mengeluarkan zat beracun yang dikeluarkan bersama dengan urin. Akibatnya, kondisi ginjal dan bagian tubuh yang lain bisa tetap sehat.

Baca Juga: Ini resep jamu tradisional untuk tingkatkan imun, bisa buat hipertensi dan diabetes

Baik untuk rambut

Salah satu khasiat daun salam adalah menguatkan rambut dan menghilangkan ketombe.

Bila Anda ingin memiliki rambut yang kuat dan sehat, cobalah untuk memakai daun salam secara teratur. Selain baik untuk pertumbuhan rambut, daun salam juga mampu menghilangkan ketombe.

Caranya, gunakan air rebusan daun salam setiap selesai mencuci rambut dengan sampo.

Menurunkan gula darah

Selain menurunkan jumlah kolesterol, masih ada khasiat daun salam lainnya yang baik untuk kesehatan. Menurut Health Shots, rutin mengonsumsi daun salam mampu menurunkan jumlah gula darah.

Dengan begitu, risiko penyakit diabetes pun dapat Anda hindari.

Selanjutnya: Menurunkan gula darah, berikut 5 manfaat daun kelor

Editor: Belladina Biananda
Terbaru