kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Khasiat Daun Jarak untuk Kesehatan dan Cara Merebus Daunnya


Minggu, 28 Mei 2023 / 12:15 WIB
5 Khasiat Daun Jarak untuk Kesehatan dan Cara Merebus Daunnya


Reporter: Virdita Rizki Ratriani | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun jarak untuk kesehatan telah lama digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Beberapa negara termasuk Indonesia menggunakan tanaman jarak sebagai bahan bakar dan obat. 

Dikutip dari buku "Skrining Fitokimia dan Uji Formulasi Ekstrak Daun Jarak Pagar", manfaat biji tumbuhan jarak dapat dijadikan sebagai bahan bakar ramah lingkungan.

Sementara manfaat daun jarak digunakan sebagai obat penyakit luka bakar, penyakit kulit, demam, peradangan, dan sebagainya. 

Baca Juga: Waspada Asam Lambung Menyerang di Malam Hari, Ini 8 Cara Agar GERD Tak Berkutik

Selain itu, manfaat daun jarak juga bisa digunakan mengobati bengkak, reumatik, terkilir, luka berdarah, gatal-gatal, eksim, kutu air, dan lepra. Minyak jarak juga digunakan menumbuhkan rambut rontok. 

Kemudian, akar jarak mengandung zat antimikroba yang dapat melawan 18 jenis organisme mikroba dan sebagai penangkal gigitan ular. Sedangkan manfaat getah jarak juga bisa digunakan sebagai obat kumur, obat gusi berdarah, hingga obat borok. 

Lalu, apa saja manfaat daun jarak untuk kesehatan?

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Kapasitas iCloud Penuh di iPhone dengan Mudah  

Manfaat daun jarak untuk kesehatan 

Nah, dirangkum dari laman The Indian Med dan majalah Al-Azhar Edisi 314/ September 2021, berikut beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan antara lain:

1. Pengobatan penyakit kuning

Manfaat daun jarak untuk kesehatan salah satunya digunakan sebagai pengobatan penyakit kuning. Daun jarak segar memiliki sifat hepatoprotektif yaitu melindungi kerusakan hati. 

Baca Juga: LDL Bisa Merusak Arteri, 4 Olahraga Ini Bisa Melumpuhkan Kolesterol Jahat

Dalam kasus penyakit kuning pada tahap awal, gunakan daun tanaman segar untuk mengobatinya. Caranya, ambil 4 hingga 5 gram daun jarak dan haluskan. 

Lalu, rebus dalam air mendidih dan minum dua kali sehari. Bisa juga dengan mengonsumsi 4 hingga 5 gram ekstrak daun jarak segar.

Campur dengan air dan minum dua kali sehari. Ramuan ini juga dapat digunakan selama kehamilan. Jadi, manfaat rebusan daun jarak digunakan sebagai pengobatan penyakit kuning. 

Baca Juga: Green Heroes Run 2023 untuk Pelestarian Hutan Mangrove

2. Meredakan pembengkakan

Manfaat daun jarak yang cukup dikenal oleh masyarakat adalah meredakan pembengkakan pada tubuh. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan menumbuk halus daun jarak. 

Lalu, tambahkan sedikit air garam dan hangatkan. Kemudian, oleskan campuran daun jarak dan garam tersebut ke area tubuh yang bengkak. 

Manfaat daun jarak tersebut dapat meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. 

Baca Juga: Daftar Minuman Penurun Berat Badan & Gerakan untuk Membakar Lemak Perut

3. Melancarkan ASI dan menstruasi 

Manfaat daun jarak untuk kesehatan juga bisa melancarkan produksi air susu ibu (ASI). Daun jarak memiliki sifat laktogogue yakni merangsang, mempertahanksn, dan meningkatkan produksi ASI. 

Selain itu, manfaat daun jarak juga memiliki sifat emmenagogue, berfungsi sebagai stimulator aliran darah di daerah panggul dan rahim, sehingga membantu memperlancar menstruasi. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minuman Kopi. Terbukti Dalam Penelitian

Manfaat daun jarak ini dapat diperoleh dengan menumbuknya sampai halus dan campur dengan sedikit air. Kemudian, aduk daun jarak dan air hingga berbentuk seperti pasta. 

Pasta daun jarak ini dapat dioleskan langsung ke payudara untuk merangsang ASI maupun di sekitar perut dan panggul untuk melancarkan menstruasi.

Selain itu, mengonsumsi air rebusan daun jarak juga bisa memberikan manfaat serupa kepada perempuan.

Baca Juga: Penyebab Pneumonia pada Anak, Gejala, dan Cara Mencegah Pneumonia

4. Mengatasi sembelit

Manfaat daun jarak untuk kesehatan adalah mengatasi sembelit. Daun jarak dikenal sebagai obat pencahar alami karena digunakan untuk melancarkan buang air besar. 

Manfaat daun jarak ini didapat dari mengonsumsi air rebusannya. Caranya, cuci bersih daun jarak segar, dan rebus bersama air secukupnya. 

Baca Juga: 5 Jenis Oil yang Bermanfaat untuk Rambut yang Harus Anda Coba

Setelah mendidih, saring untuk memisahkan air rebusan dan daun jarak. Kemudian, konsumsi air rebusan daun jarak saat sudah mendingin. 

Kendati demikian, konsumsi daun jarak ini tak boleh terlalu banyak lantaran bisa memicu diare.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Saat Mudik dan Lebaran di Tengah Covid-19 Varian Arcturus

5. Mampu melawan bakteri 

Manfaat daun jarak untuk kesehatan yakni mampu melawan bakteri dalam tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa daun jarak memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri dermatopik dan patogenik seperti E.coli, S.aureus, K.pneumonia

Untuk memaksimalkan manfaat daun jarak ini, Anda dapat mencampur ekstrak daun jarak dengan ekstrak aseton. 

Demikian sejumlah manfaat daun jarak untuk kesehatan dan cara merebus daunnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×