5 Hal Ini Bisa Membuat Anda Sering Kentut, Apa Saja?

Selasa, 04 Januari 2022 | 15:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Hal Ini Bisa Membuat Anda Sering Kentut, Apa Saja?

ILUSTRASI. Mengetahui penyebab sering kentut bisa memudahkan Anda untuk mengatasinya.

KONTAN.CO.ID - Kentut merupakan suatu hal yang normal. Anda bisa mengeluarkan kentut lima hingga 15 kali per hari. Namun, sering kentut justru menunjukkan ada masalah kesehatan, lo. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan faktor yang jadi penyebabnya.

Terlalu sering mengeluarkan angin dari tubuh dapat membuat Anda kurang nyaman, apalagi saat sedang melakukan aktivitas dengan banyak orang. Frekuensi kentut bisa Anda kurangi dengan mengatur makanan yang Anda konsumsi.

Meski demikian, penting bagi Anda untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan frekuensi kentut. Dengan begitu, kentut yang terlalu sering bisa Anda hindari di kemudian hari.

Stres

Jika Anda mengalami stres, cobalah untuk mengelolanya dengan baik. Mulai dari berkonsultasi dengan dokter, melakukan yoga, hingga kegiatan relaksasi lainnya. Dengan begitu, frekuensi kentut akan berkurang.

Selain itu, usahakan untuk menghindari konsumsi alkohol berlebih dan merokok.

Baca Juga: Ini loh, 4 penyebab Anda merasa cepat kenyang

Jenis makanan tertentu

SKentut menandakan adanya aktivitas bakteri dalam sistem pencernaan. Bakteri membutuhkan energi yang lebih banyak untuk mencerna jenis makanan tertentu. Hal itulah yang membuat frekuensi kentut bertambah.

Mengutip dari Healthline, makanan yang mengandung banyak serat dan jenis gula tertentu cukup sulit untuk diproses dalam tubuh. Beberapa jenis makanan tersebut adalah kubis, brokoli, produk olahan susu, dan minuman berkarbonasi.

Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan bisa membuat Anda sering kentut.

Sering kentut bisa jadi tanda Anda mengalami gangguan pencernaan. Beberapa penyakit yang dapat memicu gangguan pencernaan adalah diabetes, intoleransi laktosa, penyakit crohn, dan lain-lain.

Penyakit-penyakit tersebut membuat sistem pencernaan stres sehingga Anda jadi lebih mudah kentut.

Mengonsumsi karbo

Roti, kentang, dan jenis makanan lain yang memiliki banyak karbo juga bisa meningkatkan frekuensi kentut. Meski demikian, nasi tidak memiliki pengaruh yang kuat seperti makanan berkarbohidrat lain. jadi, Anda tidak perlu khawatir akan hal itu.

Baca Juga: 5 Manfaat daun alpukat untuk kesehatan

Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar jadi faktor selanjutnya yang menyebabkan sering kentut. Semakin lama sisa makanan mengendap dalam sistem pencernaan, semakin lama pula waktu fermentasinya.

Hal itu tidak hanya membuat frekuensi kentut meningkat, tapi kentut Anda menjadi lebih bau.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kentut yang terlalu sering. Cara pertama yang Healthline sarankan adalah hindari makanan yang dapat meningkatkan risiko kentut terlalu sering.

Tak hanya itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Rajin olahraga juga dapat Anda lakukan untuk mencegah penumpukan gas dalam sistem pencernaan Anda

Selanjutnya: Rupiah Jisdor Melemah 0,28% ke Rp 14.310 per Dolar AS pada Perdagangan Selasa (4/1)

Editor: Belladina Biananda
Terbaru