5 Gejala Rematik yang Perlu Diwaspadai, Bisa Bermula dari Demam

Jumat, 05 Agustus 2022 | 15:06 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Gejala Rematik yang Perlu Diwaspadai, Bisa Bermula dari Demam

ILUSTRASI. Gejala rematik yang perlu diwaspadai.


KONTAN.CO.ID - Rematik adalah penyakit yang disebabkan penyakit autoimon yang membuat peradangan kronis di sendi, otot, tulang, dan beberapa organ tubuh lainnya. Terdapat gejala rematik yang perlu Anda waspadai.

Mengetahui gejala rematik sejak dini akan membuat semakin rendah kemunculan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengobatan lebih cepat. 

Gejala rematik yang dialami setiap orang berbeda-beda. Namun, kebanyakan gejala awal rematik kerap tidak disadari yang lambat laun menjadi semakin terasa.

Baca Juga: SSSTikTok Situs Mudah Tinggal Tempel Link Untuk Download Video TikTok Tanpa Watermark

Dilansir dari Healthline, rematik umumnya ditandai dengan munculnya rasa sakit dipergelangan tangan atau bagian sendi. Selain itu, ada beberapa gejala rematik lainnya.

Berikut beberapa gejalan rematik yang perlu Anda waspadai, di antaranya:

Sendi kaku

Salah satu gejala rematik yang perlu diwaspadai adalah sendi menjadi kaku. Kondisi tersebut bisa muncul kapan saja. 

Oleh sebab itu, Anda perlu mewaspadai gejala rematik ini. Umumnya, sendi kaku dimulai dari tangan yang menjalar ke area tubuh lainnya.

Demam

Perlu Anda ketahui, demam juga bisa menjadi salah satu gejala rematik, lo. Jika suhu tubuh Anda lebih dari 38 derajat Celcius sebaiknya Anda harus segera pergi ke dokter untuk melakukan penanganan.

Meski tidak melulu demam menjadi gejala rematik, mungkin saja hal tersebut disebabkan oleh penyekit lain yang lebih berbahaya.

Baca Juga: 4 Obat Batuk Kering Berbahan Alami yang Mudah Dicari

Sendi bengkak

Rematik umumnya ditandai dengan sendi yang terasa sakit akibat peradangan. Selain menimbulkan rasa sakit, hal tersebut juga dapat membuat sendi menjadi bengkak.

Kesemutan

Anda perlu waspada jika sering mengalami kesemutan. Pasalnya, kesemutan adalah salah satu gejala rematik yang cukup umum terjadi.

Hal tersebut dikarenakan rematik menyebabkan sendi meradang sehingga dapat menerakan sistem saraf yang mengakibatkan munculnya mati rasa atau kesemutan.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Grup H Jadi Ajang Pertemuan Para Pemain Bintang

Cepat lelah

Gejala rematik yang tak boleh dilewatkan adalah tubuh merasa cepat lelah. Kelelahan adalah salah satu gejala awal yang mungkin dialami.

Karena itu, Anda harus waspada jika tubuh cepat lelah jika tidak terlalu melakukan aktivitas yang berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru