5 Gejala Kanker Payudara Ini Tak Boleh Anda Abaikan

Rabu, 29 Desember 2021 | 15:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Gejala Kanker Payudara Ini Tak Boleh Anda Abaikan

ILUSTRASI. Selain benjolan, masih banyak gejala kanker payudara yang lain.


KONTAN.CO.ID - Munculnya benjolan jadi salah satu gejala kanker payudara yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Namun, masih ada kondisi lain yang bisa jadi indikasi kanker payudara, lo. Anda perlu mewaspadai kondisi itu supaya bisa segera teratasi.

Meski demikian, Medical News Today menyebutkan, beberapa kasus kanker payudara tidak menunjukkan gejala apa pun. Anda perlu melewati beberapa pemeriksaan yang dijalankan dokter untuk mengetahui kondisi Anda yang sebenarnya.

Dengan memerhatikan gejala yang Anda alami, Anda bisa membantu dokter untuk menilai kondisi Anda. Jika gejala kanker tak segera diatasi, kondisi kesehatan Anda bisa terganggu bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lain.

Muncul memar

Gejala kanker payudara lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah muncul memar atau kulit di sekitar payudara menjadi berwarna kemerahan atau keunguan. Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter, apalagi jika memar tidak disebabkan oleh benturan apa pun.

Baca Juga: Kenali Gejala Awal Munculnya Kanker Payudara Sejak Dini

Kelenjar getah bening bengkak

Kelenjar getah bening berisi berbagai macam kelenjar sistem imun tubuh yang bisa menyaring berbagai macam sel berbahaya. Tidak terkecuali menyaring pertumbuhan sel kanker.

Biasanya, keberadaan sel kanker payudara menyebabkan kelenjar getah bening di sekitar ketiak mengalami pembengkakan.

Selain ketiak, kelenjar getah bening di sekitar tulang selangka juga bisa mengalami peradangan. Meski demikian, masih banyak faktor lain yang menyebabkan peradangan itu. Sebaiknya, konsultasikan pada dokter supaya Anda mendapat diagnosa yang tepat.

Puting mengeluarkan cairan

Puting mengeluarkan cairan termasuk salah satu gejala kanker payudara.

Gejala kanker payudara berikutnya yang tidak boleh Anda sepelekan adalah keluarnya cairan dari puting. Cairan yang dikeluarkan tiap orang memiliki warna dan tekstur yang berbeda-beda.

Selain karena kanker, keluarnya cairan dari puting bisa disebabkan karena faktor yang lain. Jadi, segera konsultasikan ke dokter.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi, jika Anda mengalami kondisi yang lain, seperti kecelakaan, perubahan jadwal menstruasi, atau penyakit lain yang diderita sebelumnya.

Baca Juga: Catat! Ini 17 Penyebab Batuk Berkepanjangan, Salah Satunya Asam Lambung

Tekstur kulit berubah

Menurut Medical News Today, pertumbuhan sel kanker menyebabkan tekstur kulit di sekitar payudara berubah. Kulit menjadi lebih kering, menebal, dan bersisik, apalagi di sekitar puting payudara. Kondisi itu juga bisa menyebabkan rasa gatal, meski hal itu jarang terjadi.

Warna kulit di sekitar payudara berubah

Sejalan dengan poin sebelumnya, perubahan tekstur kulit bisa mengubah warna kulit di sekitar payudara. Banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut karena mengira kulitnya hanya terinfeksi. Makanya, Anda perlu memperhatikan kondisi tubuh Anda, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru