O

5 Gaya hidup sehat untuk mencegah serangan asam urat

Jumat, 19 Maret 2021 | 23:45 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
5 Gaya hidup sehat untuk mencegah serangan asam urat


KONTAN.CO.ID - Meskipun Anda tidak bisa memprediksikan kapan serangan asam urat akan terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah serangan tersebut. Salah satunya adalah mengembangkan gaya hidup sehat.

Mengutip laman Practical Pain Management, kiat gaya hidup di bawah ini berperan besar dalam mencegah serangan asam urat. Sebagai bonus tambahan, gaya hidup ini juga bisa membantu mencegah beberapa komplikasi asam urat, seperti penyakit ginjal dan penyakit jantung.

Batasi alkohol dan makanan yang kaya purin

Saat Anda terserang asam urat, sebaiknya hindari makanan kaya purin, seperti daging berlemak dan kerang. Selain itu, batasi alkohol terutama bir karena bisa meningkatkan kadar asam urat Anda. 

Kabar baiknya adalah, mengonsumsi makanan tertentu, seperti ceri, kopi, dan makanan yang kaya vitamin C, dapat membantu mencegah serangan asam urat. 

Selain itu, sebagai bagian dari diet sehat, Anda harus minum banyak air. Ini sangat penting jika Anda menderita asam urat karena tetap terhidrasi bisa membantu mengeluarkan asam urat dan mencegah pembentukan kristal asam urat.

Baca Juga: Suruhan efektif meredakan asam urat tinggi, begini cara konsumsinya

Kurangi stres dalam hidup Anda 

Stres dapat memicu serangan asam urat, dan bisa memperburuk gejala serangan asam urat. Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan semua stres Anda, ada sejumlah cara untuk membantu meminimalkannya. 

Jika mengalami serangan asam urat, mengurangi stres juga bisa membantu Anda fokus pada hal-hal selain rasa sakit.

Teknik manajemen stres apa yang berhasil untuk asam urat? Cobalah teknik relaksasi, seperti meditasi dan pernapasan dalam. Sedikit menghilangkan stres bisa sangat bermanfaat.

Seringlah berolahraga. 

Tetap aktif secara fisik adalah bagian dari gaya hidup sehat, dan dapat membantu mencegah serangan asam urat di masa mendatang. 

Di antara banyak manfaat berolahraga dengan asam urat, ada baiknya Anda menurunkan berat badan, jika perlu. Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko asam urat. 

Tetapi, jika Anda sudah menderita asam urat, menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mencegah serangan asam urat. Olahraga juga dapat membantu Anda mengelola stres secara efektif.

Kalau saat ini sedang mengalami serangan asam urat, Anda tidak boleh berolahraga sampai rasa sakit dan peradangan Anda berkurang.

Jika baru berolahraga atau sudah lama tidak berolahraga, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara menjadi aktif. Jika Anda mengalami gejala baru saat berolahraga, beri tahu dokter.

Baca Juga: Asam urat naik? Lada bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam urat

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru