5 Faktor yang bisa jadi penyebab anemia, apa saja?

Senin, 02 Agustus 2021 | 11:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Faktor yang bisa jadi penyebab anemia, apa saja?

ILUSTRASI. Penyebab anemia perlu Anda waspadai supaya kondisi kesehatan tak memburuk.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anemia merupakan salah satu bentuk gangguan darah yang dialami oleh banyak orang. Tentu saja Anda perlu mewaspadai penyebab anemia untuk menjaga kesehatan. Mengetahui penyebabnya juga memudahkan Anda untuk memilih perawatan yang tepat.

Lindenberg Cancer and Hematology Center (lindenbergcancer.com) mengatakan bahwa anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Padahal, sel darah merah memegang peranan penting, yaitu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Saat tubuh kekurangan sel darah merah, kebutuhan oksigen tiap sel menjadi tak terpenuhi. Akibatnya, tubuh tak mampu menjalankan fungsinya dengan optimal. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya waspadai beberapa hal berikut ini.

Usia

Anak-anak lebih berisiko mengalami anemia karena zat besi digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mencukupi kebutuhan zat besi sedari dini. Ada banyak sumber zat besi yang bisa Anda jadikan pilihan, misalnya produk olahan susu.

Baca Juga: Coba 5 makanan untuk tekanan darah rendah ini, yuk

Malnutrisi

Pada poin sebelumnya, dikatakan bahwa anak-anak lebih berisiko mengalami anemia. Namun, bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengalami hal yang sama. Kekurangan nutrisi tertentu dalam jangka waktu lama bisa jadi salah satu penyebab anemia.

Riwayat Keluarga

Penyebab anemia berikutnya yang dapat Anda alami adalah karena riwayat keluarga. Untuk menghindari kondisi kesehatan yang memburuk, sebaiknya konsultasikan riwayat kesehatan keluarga Anda pada dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat pencegahan dan perawatan yang sesuai.

Hamil

Anemia juga bisa terjadi karena hamil, lo. Saat hamil, Anda lebih berisiko mengalami kekurangan zat besi. Tak hanya itu, ada banyak darah yang digunakan janin untuk pertumbuhan dan perkembangan. Jika Anda mengalami gejala anemia selama hamil, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya dengan dokter, ya.

Baca Juga: Anemia mengganggu aktivitas, inilah 5 penyebabnya

Menstruasi

Menstruasi termasuk salah satu penyebab anemia.

Mengutip dari Lindenberg Cancer and Hematology Center, menstruasi bisa meningkatkan risiko anemia. Saat menstruasi, ada banyak darah yang keluar dari tubuh Anda. Hal itulah yang membuat Anda lebih berisiko mengalami anemia.

Cobalah untuk memperbanyak asupan makanan yang kaya zat besi selama menstruasi berlangsung. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi suplemen penambah darah. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Selanjutnya: Waspadai penyakit anemia yang sering tak disadari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru