5 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Waspadai

Sabtu, 29 Januari 2022 | 15:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Waspadai


KONTAN.CO.ID - Mewaspadai ciri-ciri kolesterol tinggi merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih cepat melakukan langkah perawatan.

Umumnya, kolesterol normal berada di angka 200-239 mg/dl. Jika Anda memiliki jumlah kolesterol yang tidak berada jauh di angka itu, kondisi Anda masih bisa dikatakan normal. Namun, jika jumlahnya jauh melampau angka tersebut, Anda perlu berhati-hati.

Salah satu jenis penyakit yang bisa Anda alami ketika jumlah kolesterol terlalu banyak adalah tekanan darah tinggi. Jika Anda mengalami gejala kolesterol berikut, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Nafsu makan turun

Ada banyak kondisi yang ditandai dengan nafsu makan yang turun. Artinya, Anda tidak boleh mengabaikan kondisi tersebut. Bisa jadi nafsu makan yang turun jadi salah satu ciri-ciri kolesterol yang Anda alami.

Jika hal nafsu makan turun dalam jangka waktu lama, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Ini 5 penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia

Benjolan di sekitar mata

Mengutip dari Healthy-Ojas, munculnya benjolan di sekitar mata jadi salah satu gejala kolesterol tinggi yang sering terjadi. Benjolan itu merupakan kelebihan kolesterol yang berada di bawah permukaan kulit. Umumnya, benjolan tersebut berwarna kuning dan tidak terasa sakit.

Berat badan bertambah

Berat badan naik jadi salah satu ciri kolesterol tinggi.

Menurut Healthy-Ojas, berat badan bertambah jadi ciri-ciri kolesterol berikutnya yang dialami oleh banyak orang. Salah satu faktor yang mengakibatkan hal tersebut adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi di mana hormon tiroid terlalu sedikit.

Tak hanya tiroidisme, peradangan dalam tubuh juga mengakibatkan jumlah kolesterol meningkat. Beberapa faktor yang menyebabkan peradangan dalam tubuh Anda adalah stres, kurang tidur, hingga depresi.

Baca Juga: Tanda-tanda Anda terlalu banyak minum air putih, salah satunya sakit kepala

Sering mengantuk

Anda perlu waspada jika sering mengantuk meski waktu tidur di malam hari sudah tercukupi. Penumpukan kolesterol bisa menghambat aliran darah. Akibatnya, distribusi oksigen di bagian otak menjadi tak maksimal sehingga Anda pun lebih mudah merasakan kantuk.

Depresi

Tahukah Anda bawa depresi termasuk salah satu tanda kolesterol tinggi? Kandungan kolesterol dalam otak mencapai 25%. Jika jumlahnya kolesterol jahat terlalu tinggi, kemampuan otak untuk mengatur emosi menjadi terganggu.

Hal itulah yang membuat Anda mengalami depresi. Selain itu, risiko kehilangan memori dan penyakit alzheimer pun dapat meningkat saat jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda terlalu tinggi, sedangkan jumlah kolesterol baik terlalu sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru