Ini 5 penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia

Jumat, 26 November 2021 | 10:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia

ILUSTRASI. Mengenali penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusai berguna supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Organ peredaran darah dalam tubuh manusia memegang peranan penting. Maka dari itu, mengenali faktor apa saja yang bisa jadi penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan.

Sistem peredaran darah mendistribusikan oksigen dan nutrisi lain ke seluruh bagian tubuh. Dengan begitu, tubuh bisa terus berfungsi dengan baik. Jika organ-organnya mengalami masalah, tentu saja fungsi itu tidak dapat berjalan dengan baik.

Mengenali penyebab-penyebab gangguan pada sistem peredaran darah juga bisa memudahkan Anda untuk menentukan bentuk pengobatan apa yang Anda butuhkan. Biasanya, dokter akan menggabungkan hasil pemeriksaan dan gejala yang Anda alami untuk memberikan saran yang tepat.

Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah bisa membuat aliran darah terhenti sehingga menyebabkan Anda mengalami serangan jantung. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), meski serangan jantung bisa bersifat minor, Anda tetap perlu selalu mewaspadainya.

Baca Juga: 9 Manfaat kayu manis untuk kesehatan, bisa mengontrol gula darah

Kolesterol Tinggi

Jumlah kolesterol tinggi bisa jadi penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia.

Memiliki jumlah kolesterol yang terlalu tinggi bisa jadi penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia. Kolesterol yang menumpuk akan mempersempit aliran darah sehingga penyumbatan pun dapat terjadi.

Supaya jumlah kolesterol bisa berkurang, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat. Anda perlu rajin olahraga, minum banyak air putih, dan mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Minum obat yang diresepkan dokter juga bisa jadi pilihan yang tepat.

Tekanan Darah Tinggi

Sehubungan dengan poin sebelumnya, tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan hipertensi juga bisa menyebabkan gangguan. Jika terus dibiarkan, hipertensi dapat menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih serius, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan lain-lain.

Baca Juga: Tak hanya enak, ini 10 manfaat buah salak untuk kesehatan

Aneurisma Aorta

Medical News Today mengatakan bahwa aneurisma aorta adalah faktor lain yang dapat menjadi penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia. Aneurisma aorta adalah kondisi di mana pembuluh darah membengkak hingga akhirnya pecah. Hal itulah yang dapat menimbulkan masalah.

Gagal Jantung

Jantung bisa tidak mampu untuk melakukan fungsinya memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Kondisi itu biasa disebut dengan gagal jantung. Beberapa ciri-ciri gagal jantung yang bisa Anda alami adalah batuk, sesak napas, kelelahan, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: 7 Cara mengobati sakit perut ini memakai bahan alami, lo

Editor: Belladina Biananda
Terbaru