5 Cemilan Ibu Hamil Ini Tak Hanya Sehat tapi Juga Lezat

Senin, 20 Desember 2021 | 13:56 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cemilan Ibu Hamil Ini Tak Hanya Sehat tapi Juga Lezat

ILUSTRASI. Berbagai macam bahan alami bergizi cocok dijadikan cemilan ibu hamil. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.

KONTAN.CO.ID - Selain memperhatikan makanan berat yang Anda konsumsi selama hamil, Anda juga perlu memilih camilan yang tepat. Ada banyak bahan alami yang cocok dijadikan cemilan ibu hamil. Tak perlu khawatir, rasanya lezat, kok.

Biasanya, aroma dan tampilannya bisa membuat mual. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa jenis makanan ringan yang bisa Anda jadikan pilihan.

Dengan mengonsumsi camilan, tak hanya kebutuhan nutrisi selama kehamilan yang akan tercukupi, rasa lapar yang Anda alami pun bisa teratasi. Hal itu akan membuat Anda lebih berenergi untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Sebaiknya, konsumsi camilan yang mengandung protein, folat, kalsium, vitamin B12, zat besi, dan asam lemak omega-3. Ada banyak sumber makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut, seperti selai kacang, yogurt, dan keju.

Baca Juga: 4 Tanda-tanda hamil yang umum dialami banyak orang

Yogurt

Melansir Healthline, Anda bisa mengonsumsi yogurt selama hamil. Produk olahan susu ini mengandung kalsium, protein, dan probiotik yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Namun, pastikan untuk memilih yogurt tanpa pemanis buatan supaya efeknya bisa lebih maksimal.

Keju

Tak hanya yogurt, keju adalah cemilan ibu hamil lainnya yang mengandung banyak kalsium dan protein. Anda bisa mengombinasikannya dengan sumber makanan lain, seperti roti, pisang, madu, tomat, dan biskuit.

Biskuit dapat Anda jadikan pilihan untuk mengurangi rasa lapar saat Anda tidak nafsu makan atau mual selama kehamilan. Dengan mengonsumsi biskuit, perut Anda jadi tidak kosong sehingga mual bisa teratasi dengan baik.

Anggur

Anggur termasuk salah satu cemilan ibu hamil.

Anggur adalah salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin K, antioksidan, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya yang Anda butuhkan ketika hamil. Kombinasikan anggur dengan sumber makanan yang memiliki banyak lemak sehat dan protein supaya Anda bisa merasa kenyang.

Baca Juga: 6 Manfaat chia seed yang kaya serat

Selai kacang, buah pir, chia seed

Healthline merekomendasikan kombinasi selai kacang dan buah pir sebagai cemilan ibu hamil. Jangan lupa untuk menambahkan chia seed. Serat dalam bahan alami tersebut berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Misalnya, menghindarkan Anda dari sembelit.

Tak hanya mengandung serat, chia seed juga memiliki magnesium yang bermanfaat untuk mengontrol gula darah dan sistem saraf. Caranya, potong buah pir menjadi delapan bagian. Setelah itu, oleskan selai kacang dan taburkan chia seed di atasnya.

Pisang

Supaya tekanan darah lebih terkontrol selama hamil, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, contohnya pisang. Anda bisa mengonsumsi pisang secara langsung atau mencampurnya dengan selai kacang sebagai sumber protein tambahan.

Selanjutnya: Spider-Man: No Way Home Hampir Tampilkan Adegan Anak Perempuan Iron Man di Filmnya?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru