4 Tanda-tanda hamil yang umum dialami banyak orang

Jumat, 19 November 2021 | 10:21 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Tanda-tanda hamil yang umum dialami banyak orang

ILUSTRASI. Ada beberapa tanda-tanda hamil yang bisa Anda alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan wanita adalah mengenali tanda-tanda hamil. Setelah mengetahui hal tersebut, Anda bisa melakukan tes untuk benar-benar memastikan apakah Anda memang hamil atau tidak.

Ciri-ciri hamil yang biasa terjadi adalah siklus menstruasi yang tidak terjadi. Apabila Anda merasa siklus menstruasi seharusnya sudah terjadi, tunggu selama dua hari terlebih dahulu. Apabila siklus memang benar-benar tak muncul, cobalah untuk membicarakannya ke dokter.

Tidak hanya siklus menstruasi yang terlewat, masih banyak kondisi lain yang bisa jadi penanda munculnya kehamilan. Apabila gejala berikut ini Anda alami dan Anda dinyatakan positif hamil, usahakan untuk menjaga kandungan dengan baik, ya. Misalnya, konsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola hidup sehat lainnya.

Kelelahan

Kelelahan jadi tanda-tanda hamil yang dapat Anda alami. Mengutip dari Baptist Health (baptist-health.com), rasa lelah yang meningkat selama hamil disebabkan oleh bertambahnya produksi hormon progesteron. Selain membuat Anda lelah, hal itu juga membuat Anda lebih mudah mengantuk.

Baca Juga: Mangga hingga pisang, cek 6 cemilan untuk ibu hamil ini

Sembelit

Sembelit termasuk tanda-tanda hamil.

Tahukah Anda bahwa sembelit bisa jadi ciri-ciri hamil? Masih karena masalah yang sama, yaitu bertambahnya produksi progesteron, sistem pencernaan Anda menjadi tak bekerja sebaik biasanya. Akibatnya, sembelit pun Anda alami.

Mual

Mual jadi tanda-tanda hamil yang cukup umum dialami oleh banyak ibu hamil. Tak hanya di pagi hari, rasa mual bisa terjadi kapan saja. Ada beberapa kasus di mana ibu hamil hanya mengalami mual. Namun, tak sedikit pula yang rasa mual berakhir dengan muntah.

Kondisi itu bisa membuat tubuh Anda kekurangan cairan atau dehidrasi. Makanya, jangan lupa untuk banyak minum air putih, ya. Anda juga bisa mengonsumsi air jahe untuk meredakan rasa mual. Apabila memang diperlukan, tak ada salahnya untuk meminta saran obat dari dokter.

Baca Juga: Kenali 10 penyebab lidah terasa pahit

Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil bisa jadi tanda-tanda hamil.

Baptist Health menyebutkan bahwa hamil membuat Anda sering buang air kecil. Ketika hamil, jumlah darah yang beredar dalam tubuh Anda semakin banyak. Ketika hal itu terjadi, ginjal menjadi bekerja lebih ekstra sehingga produksi air kencing meningkat.

Anda tidak perlu khawatir karena sering buang air kecil bisa hilang saat usia kehamilan bertambah. Melahirkan bayi yang ada dalam kandungan Anda pun dapat menghentikan kondisi itu sehingga Anda tak perlu bingung.

Selanjutnya: Ketahui penyebab dan gejala kanker kelenjar getah bening, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru