Mangga hingga pisang, cek 6 cemilan untuk ibu hamil ini

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mangga hingga pisang, cek 6 cemilan untuk ibu hamil ini

ILUSTRASI. Mangga bisa jadi cemilan untuk ibu hamil.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain memerhatikan menu sehat pada jadwal makan berat, Anda juga perlu mengatur makanan ringan yang Anda konsumsi saat hamil. Ada beragam pilihan cemilan untuk ibu hamil yang bisa Anda jadikan opsi.

Sereal merupakan salah satu jenis makanan yang dapat Anda coba. apalagi jika Anda mengonsumsinya dengan susu. Kalsium yang terkandung dalam makanan tersebut mampu memenuhi kebutuhan tubuh Anda dan janin yang masih berada dalam kandungan.

Supaya efeknya lebih terasa, Anda bisa mencampur sereal dengan beberapa jenis buah. Vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lain yang terkandung dalam buah mampu menjaga kesehatan tubuh Anda. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak jenis makanan ringan lainnya yang bisa Anda konsumsi.

Smoothie

Mengutip dari Parents (parents.com), smoothie cocok dijadikan snack selama Anda hamil. Cobalah untuk mengombinasikan buah segar beku dengan yogurt. Namun, pastikan untuk memilih yogurt tanpa lemak supaya kondisi kesehatan Anda tidak terganggu.

Baca Juga: Rekomendasi cemilan ibu hamil yang lezat dan mudah didapat

Mangga

Mangga jadi bahan alami selanjutnya yang dapat Anda jadikan cemilan untuk ibu hamil. Selain mengandung sedikit kalori, Anda bisa mendapat 3 g serat dari mengonsumsi satu gelas buah mangga. Mengonsumsi mangga juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, antioksidan, dan lain-lain.

Apel dan Keju

Apel bisa jadi cemilan untuk ibu hamil.

Cemilan untuk ibu hamil berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah apel dan keju. Serat yang terkandung dalam apel mampu mencegah sembelit dan menurunkan gula darah. Sedangkan keju dipenuhi dengan protein yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Yogurt dan Sereal

Tak hanya dikombinasikan dengan susu, sereal juga enak dikonsumsi bersama dengan yogurt. Bakteri baik yang terkandung dalam yogurt mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan memaksimalkan penyerapan nutrisi. Usahakan untuk tidak menambahkan pemanis buatan, ya.

Baca Juga: Rekomendasi makanan tinggi protein untuk dikonsumsi sehari-hari

Telur Rebus

Telur rebus bisa Anda manfaatkan sebagai cemilan untuk ibu hamil.

Parents menyarankan Anda untuk mengonsumsi telur rebus sebagai camilan. Apalagi saat Anda perlu melakukan banyak kegiatan. Telur rebus mengandung banyak protein yang efektif menjaga kebugaran tubuh Anda.

Pisang

Selain beberapa makanan yang sudah disebutkan, pisang juga tepat digunakan sebagai makanan ringan selama Anda hamil. Ada banyak nutrisi yang bisa Anda dapat dari pisang. Mulai dari serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, antioksidan, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Tanda-tanda hamil kosong alias blighted ovum, penyebab, dan cara mengatasinya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru