5 Cara menurunkan demam pada anak, Anda bisa coba

Jumat, 01 Oktober 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menurunkan demam pada anak, Anda bisa coba

KONTAN.CO.ID - Saat ada benda asing, seperti virus atau bakteri, yang menyerang anak, suhu tubuhnya akan meningkat. Walau kondisi itu adalah suatu hal yang normal, cara menurunkan demam pada anak tetap perlu Anda lakukan.

Sebenarnya, Anda bisa memanfaatkan obat demam yang dijual di apotek. Namun, hal itu bukanlah satu-satunya cara mengobati demam.

Beberapa kasus juga menunjukkan, minum obat berbahan dasar kimia dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lain.

Masih ada cara lainnya yang dapat Anda coba untuk mengobati demam, yakni dengan memakai bahan-bahan alami di sekitar Anda. Mulai dari memanfaatkan bawang merah, jahe, hingga teh kamomil.

Gunakan jahe

Firstcry.com menyebutkan, kandungan dalam jahe efektif membunuh bakteri yang menginfeksi anak-anak. Caranya, campur 2 sdm bubuk jahe dalam air hangat.

Gunakan air tersebut untuk memandikan anak. Nantinya, keringat yang keluar dari tubuh anak akan membantu demam cepat turun.

Baca Juga: Penyakit Herpes: penyebab, gejala, dan obatnya

Konsumsi lemon dan madu

Cara menurunkan demam pada anak berikutnya adalah dengan memberikan madu dan lemon. Cukup campurkan dua bahan alami itu, masing-masing 1 sdm lalu berikan pada anak.

Lemon dan madu mengandung vitamin C dan nutrisi lain yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Gosokkan bawang merah

Bawang merah bermanfaat sebagai cara menurunkan demam pada anak.

Tahukah Anda bahwa bawang merah bisa digunakan untuk obat demam? Caranya, gosokkan dua hingga tiga bawang merah di telapak kaki anak.

Untuk mendapat hasil yang diinginkan, cobalah untuk melakukan cara tersebut dua kali dalam sehari.

Berikan teh kamomil

Salah satu jenis teh, teh kamomil, bisa membantu menurunkan demam pada anak, lo. Supaya rasanya lebih disukai anak, Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu. Berikan teh kamomil pada anak sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Ini gejala-gejala kanker pada anak dan langkah untuk mencegahnya

Manfaatkan daun kemangi

Daun kemangi bisa Anda gunakan sebagai cara menurunkan demam pada anak.

Cara menurunkan demam pada anak selanjutnya yang disarankan Firstcry.com adalah dengan memanfaatkan daun kemangi.

Pertama, rebus 20 lembar daun kemangi dan setengah sendok bubuk cengkih dalam 1 L air. Berikan air rebusan itu pada anak tiap dua jam sekali.

Jika bahan-bahan alami tersebut tak mampu menurunkan demam anak selama lebih dari dua hari, usahakan untuk segera memeriksakan anak ke dokter, ya. Bisa jadi anak Anda membutuhkan perawatan medis yang lebih serius.

Selanjutnya: 3 Obat diare alami yang bahannya mudah Anda dapatkan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru