5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan yang Mudah Untuk Dilakukan

Selasa, 04 Oktober 2022 | 12:06 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan yang Mudah Untuk Dilakukan

ILUSTRASI. Cara meningkatkan nafsu makan.


KONTAN.CO.ID - Nafsu makan yang rendah bisa menjadi tanda dan menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Untuk itu, Anda beberapa cara meningkatkan nafsu makan yang perlu Anda ketahui dan mudah untuk dilakukan.

Meski demikian, perlu digarisbawahi tidak memiliki nafsu makan dalam rentan waktu singkat itu adalah hal yang wajar. Namun, sebaliknya hal yang perlu diwaspadai jika Anda tidak memiliki atau nafsu makan rendah dalam waktu yang lama itu berbahaya.

Pasalnya, saat nafsu makan rendah metabolisme dan sistem kekebalan tubuh juga akan melemah. Sehingga hal tersebut dapat memicu Anda terserang penyakit.

Baca Juga: 5 Pilihan Obat Penurun Kolelsterol Alami yang Ampuh dan Perlu Anda Ketahui

Lantas bagaimana cara meningkatkan nafsu makan?

Melansir dari Holland & Barret, simak beberapa cara meningkatkan nafsu makan yang mudah untuk dilakukan:

1. Pilih Makanan Bernutrisi Tinggi

Salah satu cara meningkatkan nafsu makan adalah dengan memilih makanan bernutrisi tinggi untuk dikonsumsi. Cukup banyak pilihan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Contohnya seperti buah, kacang, yogurt dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari junk food atau berbagai makanan yang mengandung kalori tinggi agar nafsu makan Anda bisa terus meningkat.

2. Perhatikan Suhu Makanan

Cara meningkatkan nafsu makan selanjutnya Anda bisa memperhatikan suhu makanan yang akan dikonsumsi. Pasalnya, makanan dengan suhu yang pas akan lebih nikmat saat dikonsumsi. Hal tersebut dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

Baca Juga: 5 Obat Asam Urat Alami yang Ampuh dan Bisa Dijadikan Alternatif

3. Memperbayakan Frekuensi Makan

Memperbanyakan frekuensi makanan juga merupakan salah satu cara meningkatkan nafsu makan. Caranya, cobalah untuk membagi makanan besar menjadi porsi makan yang lebih kecil. Dengan begitu, nafsu makan akan meningkat dan kebutuhan gizi tetap terpenuhi.

4. Pilih Makanan yang Anda Sukai

Apel

Umumnya mengkonsumsi makanan yang Anda sukai bisa menjadi salah satu cara meningkatkan nafsu makan yang paling efektif. Meski demikian, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan nutrisi dan kalori makanan yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions: Sevilla vs Dortmund Salah Satu Laga di Pekan 3

5. Jangan Terlalu Banyak Minum

Cara meningkatkan nafsu makan selanjutnya yaitu Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak minum. Pasalnya, terlalu banyak minum apalagi sebelum makan dapat membuat Anda terasa kenyang. Sehingga nafsu makan cenderung menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru