kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara mengobati bisul ini pakai bahan-bahan alami, lo


Selasa, 31 Agustus 2021 / 12:24 WIB
5 Cara mengobati bisul ini pakai bahan-bahan alami, lo
ILUSTRASI. Salah satu cara mengobati bisul adalah memakai minyak kelapa.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebab bisul yang utama adalah infeksi bakteri bernama Staphylococcus aureus. Tentu saja infeksi itu membuat tubuh terasa sakit dan tidak nyaman. Untuk mengatasinya, beberapa bahan alami dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati bisul.

Bisul bisa muncul di bagian tubuh mana pun. Biasanya, kemunculan bisul berupa benjolan berisi nanah, kulit berwarna merah, dan terasa gatal. Masalah yang lebih parah muncul saat bakteri masuk ke aliran darah sehingga menginfeksi bagian tubuh yang lain.

Anda perlu berhati-hati dengan infeksi bakteri tersebut supaya tak mengalami bisul. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah tidak menggunakan barang pribadi bersama dengan orang lain, menghindari jarum suntik yang terinfeksi, dan menghindari kontak dekat dengan orang lain yang sudah terinfeksi.

Jika Anda terlanjur terinfeksi, beberapa bahan alami ini bisa Anda manfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan. Namun, jika bisul tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter, ya.

Baca Juga: Cara menghilangkan jerawat batu bisa memakai 5 bahan ini

Minyak Kelapa

Med India (medindia.net) merekomendasikan minyak kelapa karena adanya antibakteri terkandung dalam bahan alami itu. Cobalah untuk mengaplikasikan minyak kelapa di bisul menggunakan kapas. Efek dingin yang keluar dari minyak kelapa mampu mengurangi rasa gatal yang muncul akibat bisul.

Jahe, Garam, dan Madu

Jahe, garam, dan madu juga bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati bisul, lo. Kombinasi bahan alami itu efektif mencegah infeksi bakteri sehingga proses penyembuhan bisa berjalan dengan lebih cepat.

Caranya, haluskan jahe lalu tambahkan garam dan madu. Aduk rata hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan pada bisul. Untuk memaksimalkan hasilnya, cobalah untuk menggunakan bahan alami itu dua hingga tiga kali dalam sehari.

Minyak Kayu Putih

Bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan sebagai obat bisul adalah minyak kayu putih. Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam minyak kayu putih berguna sebagai antiinflamasi, antimikroba, antiseptik, dan antibiotik.

Baca Juga: 6 Obat bisul alami yang mudah didapatkan

Cuka Apel

Cuka apel bisa dipakai sebagai cara mengobati bisul.

Cara mengobati bisul berikutnya adalah memanfaatkan cuka apel. Antijamur dan antibakteri dalam bahan alami itu mampu meredakan infeksi sehingga bisul lebih cepat sembuh. Caranya, celupkan kapas pada cuka apel lalu aplikasikan bahan alami itu pada bisul.

Kunyit dan Jeruk Nipis

Mengutip dari Med India, kunyit mengandung antibiotik dan antiinflamasi terbaik untuk mengobati bisul. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur kunyit dengan jeruk nipis dan sedikit air. Aplikasikan pasta tersebut pada bisul untuk mengurangi kemerahan dan rasa sakit akibat bisul.

Selanjutnya: Kenali penyebab dan cara mengobati herpes kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×