6 Obat bisul alami yang mudah didapatkan

Jumat, 30 Juli 2021 | 14:20 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
6 Obat bisul alami yang mudah didapatkan

ILUSTRASI. Kunyit bubuk sebagai obat bisul alami.

KONTAN.CO.ID - Bisul adalah benjolan kecil berisi nanah yang terbentuk di bawah lapisan kulit. Apabila tidak diobati, ukurannya bisa semakin membesar dan seringkali menyakitkan. 

Ada beberapa alternatif obat bisul secara alami. Obat bisul alami sebenarnya cukup banyak dan mudah didapatkan. 

Nah berikut ini 6 obat bisul alami sebagaimana dilansir dari Healthline.

1. Kunyit bubuk

Kunyit bubuk sudah lama dikenal sebagai obat bisul alami. Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kedua sifat ini dapat membantu menyembuhkan bisul dan menghilangkannya dengan cepat.

Cara mengobati bisul dengan kunyit bubuk bisa dilakukan dengan dua cara, memakannya langsung atau dengan mengoleskannya pada kulit. 

Apabila dimakan langsung, rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, lalu dinginkan. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari.

Untuk menggunakannya secara langsung, campur kunyit dengan air, jahe, atau keduanya untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada bisul setidaknya dua kali sehari.

Baca Juga: Cara menghilangkan jerawat batu bisa memakai 5 bahan ini

2. Minyak jarak

Minyak jarak juga populer sebagai obat bisul alami. Minyak ini mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat, yang merupakan anti-inflamasi alami namun ampuh. 

Asam risinoleat dikombinasikan dengan sifat antibakterinya yang kuat, menjadikan minyak jarak sebagai pengobatan alami yang bagus untuk bisul. Cara mengobati bisul, yakni dengan oleskan sedikit minyak jarak langsung ke bisul setidaknya tiga kali sehari sampai bisul hilang.

3. Minyak nimba

Neem oil atau minyak nimba adalah minyak yang diproses dari biji yang diperoleh dari pohon nimba atau Azadirachta indica. Tidak hanya digunakan sebagai pembasmi hama serangga secara alami, minyak nimba juga lazim digunakan di industri kesehatan dan kosmetik.

Rupanya, minyak nimba juga efektif digunakan sebagai obat bisul alami. Minyak nimba memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba yang dapat membantu mengobati infeksi kulit, termasuk bisul. 

Cara mengobati bisul dengan minyak nimba, oleskan minyak langsung ke bisul tiga sampai empat kali sehari. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum dan sesudah mengoleskan minyak nimba.

Baca Juga: Ketahui 4 gejala penyakit jamur hitam pasca Covid-19

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru