kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Layak Anda Coba


Selasa, 25 Januari 2022 / 12:44 WIB
5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Layak Anda Coba
ILUSTRASI. Cara mengatasi wajah berminyak bisa Anda lakukan memakai bahan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi wajah berminyak bisa menggunakan bahan-bahan alami, lho. Dengan memakainya secara teratur, produksi minyak kulit bisa berkurang sehingga masalah kulit, seperti jerawat dan komedo pun tak lagi Anda alami.

Ada banyak produk perawatan kulit berminyak yang dijual di pasaran. Namun, beberapa produk justru bisa membuat kulit iritasi. Alasannya karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Untuk mengatasi hal itu, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami.

Selain mudah didapat, cara memakai bahan-bahan alami ini juga juga tidak sulit. Meski demikian, usahakan untuk memakainya dengan pengawasan dokter, ya. Melakukan uji coba dulu juga penting Anda praktikkan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Lidah Buaya

Cara mengatasi wajah berminyak yang tak boleh ketinggalan adalah dengan memakai lidah buaya. Selain mengontrol produksi minyak, antimikroba dalam lidah buaya juga efektif mengobati jerawat. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Pori-Pori, Bisa Pakai Bahan Alami

Timun

School of Botanical and Medical Aesthetics (schoolofba.com) merekomendasikan timun untuk mengatasi kulit berminyak. Ada banyak nutrisi dalam bahan alami itu yang efektif mengontrol produksi minyak. Mulai dari vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, potong timun menjadi irisan kecil. Gosokkan irisan timun itu pada kulit wajah lalu diamkan selama semalaman. Di pagi hari, bilas wajah dengan air hangat.

Lemon

Salah satu cara mengatasi wajah berminyak adalah memakai lemon.

Mengutip dari School of Botanical and Medical Aesthetics, lemon jadi salah satu bahan yang cocok digunakan pemilik tipe kulit berminyak. Caranya, campur 1 sdt air lemon dengan ½ sdt air suling. Aplikasikan campuran itu pada kulit menggunakan kapas. Setelah 10 menit, bilas dengan air.

Madu

Selain memiliki rasa yang lezat, madu juga bisa mengurangi produksi minyak kulit. Oleskan madu pada wajah kemudian diamkan dulu selama 10 menit atau sampai kering. Setelah itu, bersihkan wajah memakai air hangat.

Baca Juga: Dapatkan Manfaat Putih Telur untuk Wajah dengan 4 Hal Ini

Pisang, Susu, dan Oatmeal

Cara mengatasi wajah berminyak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan pisang. Sama seperti timun, pisang dipenuhi dengan banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit berminyak. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur pisang dengan susu dan oatmeal.

Pertama, tumbuk satu buah pisang matang hingga halus. Selanjutnya, tambahkan 1 sdm susu dan 2 sdm oatmeal. Setelah teraduk rata, gosokkan pada wajah selama lima menit kemudian diamkan dulu selama 20 menit lalu bilas dengan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×