5 Cara Mengecilkan Pori-Pori, Bisa Pakai Bahan Alami

Senin, 03 Januari 2022 | 12:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara Mengecilkan Pori-Pori, Bisa Pakai Bahan Alami

ILUSTRASI. Anda bisa melakukan beberapa cara mengecilkan pori-pori.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengecilkan pori-pori ada banyak. Anda bisa mulai dengan menjaga kebersihan kulit, memakai produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Dengan melakukan hal itu secara rutin, ukuran pori-pori akan mengecil dan masalah kulit pun berkurang.

Saat ukuran pori-pori mengecil, sebum yang dihasilkan kulit Anda tak terlalu banyak sehingga kulit berminyak Anda bisa teratasi dengan baik. Tak hanya itu, ukuran pori-pori yang kecil membuat risiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari menurun.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mendapat manfaat itu. Salah satunya adalah dengan minum banyak air putih supaya tubuh tidak dehidrasi dan tubuh bisa mengeluarkan zat racun lebih banyak. Selain itu, tentu saja masih banyak cara lain yang bisa Anda coba.

Pakai Pelembab

Cara mengecilkan pori-pori yang tidak boleh Anda lupakan adalah tetap memakai pelembab, meski Anda memiliki tipe kulit berminyak. Pelembab membantu minyak alami masuk ke lapisan kulit dalam sehingga produksi minyak pun berkurang.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Pakai Bahan Alami

Bersihkan Wajah

Mengutip dari Healthline (healthline.com), pori-pori bisa mengecil jika Anda membersihkan wajah secara rutin. Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, cobalah untuk memakai sabun cuci wajah gel. Sedangkan untuk tipe kulit normal dan kering, Anda bisa memakai sabun cuci wajah dalam bentuk krim.

Hindari memakai sabun cuci wajah yang mengandung scrub karena justru membuat pori-pori semakin besar. Selain rajin memakai sabun cuci wajah yang sesuai dengan tipe kulit, pastikan untuk tidak menggunakannya terlalu kasar karena bisa mengiritasi kulit wajah.

Oleskan Sunscreen

Selain beberapa hal di atas, mengoleskan sunscreen juga bisa jadi cara mengecilkan pori-pori yang perlu Anda coba. Tak hanya dapat menyebabkan kanker dan kerutan, paparan sinar matahari dapat membuat kulit kering.

Akibatnya, kulit memproduksi minyak lebih banyak sehingga pori-pori terlihat lebih besar. Gunakan sunscreen dengan minimal 30 SPF 15 menit sebelum melakukan kegiatan di luar ruangan. Aplikasikan sunscreen lagi jika Anda melakukan kegiatan tersebut dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Mengecilkan Pori-Pori

Pakai Cuka Apel

Cuka apel bisa Anda gunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori.

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan pori-pori. Kandungan dalam cuka apel efektif menyeimbangkan pH kulit. Dengan begitu, ukuran pori-pori kulit bisa berkurang.

Gunakan Clay Mask

Selain memakai pelembab, Healthline merekomendasikan penggunaan clay mask secara rutin. Clay mask mampu membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. Dengan begitu, pori-pori akan terlihat lebih kecil dan tidak rentan tersumbat.

Anda bisa memakai clay mask sekali hingga dua kali dalam seminggu. Namun, pastikan untuk tidak memakainya di hari yang sama dengan jadwal eksfoliasi. Hal itu perlu Anda lakukan untuk menurunkan risiko iritasi kulit.

Selanjutnya: Sepanjang Libur Tahun Baru 2022, KAI Telah Melayani 160 Ribu Pelanggan KA Jarak Jauh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru