5 Cara mengatasi rambut mengembang ini mudah dicoba, lo

Kamis, 10 Juni 2021 | 08:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi rambut mengembang ini mudah dicoba, lo

ILUSTRASI. Beragam bahan alami yang mudah ditemukan bisa Anda pakai sebagai cara mengatasi rambut mengembang./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebab utama rambut mengembang adalah rambut dehidrasi sehingga kondisinya kering. Jadi, cara mengatasi rambut mengembang yang perlu Anda lakukan adalah berfokus pada menghidrasi rambut.

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah gunakan sarung bantal berbahan sutra. Menggunakan bahan tersebut dapat menjaga kelembaban rambut sehingga rambut tak mudah kering. Selain itu, memakai sarung bantal berbahan sutra juga mengurangi gesekan antar helai rambut.

Selain memakai sarung bantal berbahan sutra, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan supaya rambut tidak mengembang. Misalnya, memakai bahan-bahan alami. Sebelum menggunakan bahan-bahan ini secara rutin, usahakan untuk melakukan uji coba dulu, ya.

Minyak Zaitun dan Alpukat

Sitting Pretty (sittingprettyhalohair.com) mengatakan bahwa minyak zaitun dan alpukat kombinasi bahan alami terbaik untuk mengatasi rambut mengembang. Asam lemak yang tekandung dalam bahan alami itu mampu melembabkan dan menguatkan rambut secara maksimal.

Pertama, campur buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan minyak zaitun hingga berbentuk pasta. Setelah teraduk rata, aplikasikan di seluruh area kulit kepala dan rambut. Diamkan dulu selama 30 hingga 60 menit kemudian bilas dengan air dan kondisioner yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: Mau coba? Berikut ragam penumbuh rambut terbuat dari bahan alami

Cuka Apel

Jika Anda mencari cara mengatasi rambut mengembang, tak ada salahnya untuk mencoba cuka apel. Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel memiliki fungsi yang mirip dengan minyak alami rambut. Dengan pemakaian rutin, cuka apel mampu menyeimbangkan pH sehingga kondisi rambut lebih sehat.

Minyak Zaitun dan Telur

Selain dikombinasikan dengan alpukat, minyak zaitun juga bisa Anda pakai bersama dengan telur. Ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam bahan alami tersebut. Mulai dari protein, lemak, hingga enzim yang efektif membunuh bakteri dan mengurangi minyak berlebih.

Anda perlu mengocok satu butir telur yang dicampur dengan 1 sdt minyak zaitun terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan campuran minyak zaitun dan telur pada seluruh bagian rambut selama 30 menit lalu bilas dengan air.

Madu dan Lemon

Mengutip dari Sitting Pretty, rambut mengembang bisa Anda atasi dengan memakai lemon dan madu. Selain itu, kombinasi bahan-bahan alami tersebut pun efektif membersihkan kotoran dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Pertama, campur 2 sdm madu, 2 sdm air perasan lemon, dan segelas air. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada seluruh bagian rambut Anda. Pijat kulit kepala sebentar lalu diamkan dulu selama 10 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: Cari penyubur rambut? 4 Bahan alami ini jawabannya

Minyak Kelapa

Salah satu cara mengatasi rambut mengembang adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa.

Jika Anda ingin melakukan cara mengatasi rambut mengembang dalam waktu singkat, cobalah memakai minyak kelapa. Aplikasikan beberapa tetes minyak kelapa pada rambut yang masih basah.

Tujuannya agar kelembaban rambut dapat terjaga. Lakukan langkah tersebut secara rutin supaya kesehatan rambut selalu terjaga.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi masker rambut dari bahan-bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru