kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara mencegah penyebaran virus corona pada anak


Sabtu, 25 Juli 2020 / 05:30 WIB
5 Cara mencegah penyebaran virus corona pada anak


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang sudah terserang virus corona. Setiap orang yang terserang mengalami gejala penyakit corona yang berbeda-beda. Ada yang mengalami demam, batuk, sulit bernapas, tapi ada juga yang tidak menunjukkan gejala sama sekali. Tak hanya orang dewasa, penyebaran virus corona juga terjadi pada anak-anak.

Mengutip dari cdc.gov, orang dewasa memang lebih rentan terkena virus corona. Namun, hal itu bukan menjadi alasan untuk lengah dalam mencegah penyebaran virus corona pada anak-anak. CDC mulai menyelidiki penyebab multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C) yang berhubungan dengan virus corona.

Sebagai orangtua, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kesehatan anak tetap terjaga dari penyebaran virus corona. Anda bisa mengajarkan anak-anak untuk tertib menerapkan protokol kesehatan dengan tips-tips berikut:

Baca Juga: Ingin beli sepeda? Kenali dulu 3 tipe sepeda ini

1. Rajin Cuci Tangan

Biasakan untuk mencuci tangan Anda dan anak-anak menggunakan sabun dan air yang mengalir. Kebiasaan ini dilakukan agar tidak ada kuman, bakteri, atau virus corona yang menempel pada tangan.

2. Hindari Orang yang Sakit

Penyebaran virus corona bisa melalui droplet. Menjauhkan anak-anak dari orang yang sakit, apalagi orang yang batuk atau bersin, bisa Anda lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Ajarkan anak-anak untuk menjaga jarak dengan orang lain.

3. Pakai Masker

CDC menyebutkan, anak yang berusia 2 tahun atau lebih wajib menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut. Selain itu, ajarkan pula cara menggunakan masker yang benar.

Baca Juga: Pemerintah mengingatkan, waspada di ruang publik dan transportasi umum

Misalnya, jangan menurunkan masker saat di tempat umum, kurangi intensitas memegang masker, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk memilih masker corona dengan bahan dan pola yang nyaman untuk dipakai anak-anak.

4. Pakai Disinfektan

Membersihkan permukaan benda-benda yang sering dipegang di rumah juga penting untuk dilakukan. Anda bisa mengelap permukaan benda-benda tersebut menggunakan disinfektan agar penyebaran virus corona bisa berkurang.

5. Cuci Mainan

CDC juga mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan mainan anak-anak. Mainan anak yang terbuat dari bahan-bahan tertentu bisa dicuci. Ikuti instruksi pencucian yang ada dalam mainan. Jika mainan anak tidak bisa dicuci, Anda bisa mengelapnya dengan disinfektan agar penyebaran virus corona dapat berhenti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×