kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Membersihkan Komedo, Coba Sendiri di Rumah, Yuk


Kamis, 16 Desember 2021 / 12:02 WIB
5 Cara Membersihkan Komedo, Coba Sendiri di Rumah, Yuk
ILUSTRASI. Berbagai macam cara membersihkan komedo bisa Anda coba dengan bahan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Komedo adalah masalah kulit yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasinya, beberapa cara membersihkan komedo dalam artikel ini layak untuk Anda coba.

Menumpuknya sel kulit mati, debu, dan kotoran lain di pori-pori kulit membuat Anda mengalami komedo. Selain memicu masalah kulit yang lain, komedo juga bisa mengganggu Anda saat memakai make up

Hal penting yang perlu Anda lakukan tentu saja menjaga kondisi kulit Anda supaya selalu bersih. Usahakan untuk mencuci wajah sebanyak dua kali sehari memakai sabun yang sesuai tipe kulit.

Di bawah ini rekomendasi bahan alami yang membantu Anda membasmi komedo secara optimal. Namun, jangan ragu untuk tetap berkonsultasi ke dokter, ya. Apalagi jika komedo tak kunjung hilang dan muncul masalah kulit lain yang lebih parah.

Oatmeal, gula, lemon, madu

NDTV Food menyarankan Anda untuk menghilangkan komedo memakai kombinasi beberapa bahan alami. Aduk rata 2 sendok oatmeal, 1 sendok gula, ½ sendok madu, dan ½ sendok lemon dalam sebuah wadah.

Gosok campuran itu pada kulit secara perlahan lalu bersihkan memakai air hangat.

Baca Juga: 6 Cara menghilangkan komedo secara alami, wajib coba

Putih telur

Putih telur berperan sebagai cara membersihkan komedo.

Cara membersihkan komedo selanjutnya yang mudah untuk dipraktikkan adalah memakai putih telur. Kocok telur sampai berbusa kemudian aplikasikan pada kulit wajah. Diamkan dulu selama 20 menit atau sampai putih telur kering di wajah lalu bilas memakai air.

Baking soda

Baking soda adalah bahan selanjutnya yang direkomendasikan NDTV Food sebagai penghilang komedo. Anda hanya perlu mencampur baking soda dengan air sampai berbentuk pasta. Aplikasikan baking soda itu ke wajah selama beberapa saat lalu bilas memakai air.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan komedo ini pakai bahan alami, lo

Cuka apel

Cuka apel bisa Anda manfaatkan sebagai cara membersihkan komedo.

Cuka apel adalah bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan cara membersihkan komedo. Karena memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, jangan lupa untuk mencampurnya dulu dengan air, ya.

Setelah itu, aplikasikan pada wajah, diamkan sebentar, kemudian bersihkan dengan air.

Kantung teh

Bahan alami lain yang tak kalah efektif sebagai penghilang komedo adalah kantung teh. Anda hanya perlu mengaplikasikan kantung teh basah di bagian kulit berkomedo. Lakukan langkah itu secara rutin. Seiring berjalannya waktu, keberadaan komedo dapat menghilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×