Tips Sehat

5 Cara efektif mengusir nyamuk, bisa pakai bahan alami

Rabu, 23 September 2020 | 10:17 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara efektif mengusir nyamuk, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Cara mengusir nyamuk perlu dilakukan untuk menghindari munculnya penyakit.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda terganggu dengan keberadaan nyamuk? Selain membuat kulit gatal karena gigitannya, nyamuk juga menyebabkan penyakit serius lain, seperti demam berdarah dan malaria. Cara mengusir nyamuk perlu Anda lakukan agar kondisi kesehatan tetap aman.

Bawang Putih

Selain bermanfaat untuk sebagai obat herbal, bawang putih juga bisa jadi pengusir nyamuk, lo. Apartment Guide mengatakan, Anda bisa mengusir nyamuk menggunakan semprotan bawang putih. Caranya, remukkan beberapa butir bawang putih kemudian rebus dalam air.

Masukkan rebusan bawang putih dalam semprotan lalu gunakan di seluruh ruangan rumah. Anda tak perlu khawatir mengenai aroma bawang putih yang mengganggu karena baunya bisa hilang dalam beberapa saat.

Ampas Kopi

Jika Anda tinggal di lingkungan yang banyak memiliki genangan air, maka ampas kopi adalah pengusir nyamuk terbaik yang bisa Anda gunakan. Setelah menikmati segelas kopi, buang ampas kopi di genangan air.

Telur nyamuk yang ada di sana tak bisa berkembang karena tak mendapat cukup oksigen. Dengan begitu, keberadaan nyamuk bisa berkurang.

Baca Juga: Benarkah virus Corona bisa dibasmi dengan obat nyamuk?

Minyak Lavender

Minyak lavender bisa digunakan sebagai cara mengusir nyamuk.

Cara mengusir nyamuk juga bisa Anda lakukan dengan memakai minyak lavender karena bau khasnya yang menyengat. Sama seperti semprotan bawang putih, Anda bisa menyemprotkan minyak lavender di seluruh bagian rumah.

Melansir dari Apartment Guide, Anda bisa menggunakan minyak lavender di tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk.

Tea Tree Oil

Selain minyak lavender, tea tree oil juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Antibakteri yang terkandung dalam tea tree oil tak hanya berguna untuk menyembuhkan luka, tapi bisa mencegah kehadiran nyamuk di rumah Anda.

Caranya, campurkan beberapa tetes tea tree oil dalam air kemudian masukkan ke botol semprot. Semprotkan campuran tersebut di seluruh area rumah agar nyamuk tak enggan datang.

Baca Juga: 4 tanaman pengusir nyamuk, cocok jadi hiasan juga bahan makanan

Bir dan Alkohol

Cara mengusir nyamuk lainnya yang direkomendasikan oleh Apartment Guide adalah menggunakan bir dan alkohol. Nyamuk tidak suka aroma yang dikeluarkan alkohol. Anda bisa menempatkan segelah bir atau alkohol di sebuah ruangan untuk menghindari datangnya nyamuk.

Selanjutnya: Inilah tanaman yang ampuh sebagai obat DBD, ada pepaya, cabai jawa, pare dll

Editor: Belladina Biananda


Terbaru