Kesehatan Umum

5 Cara berhenti merokok efektif agar tubuh lebih sehat

Rabu, 16 September 2020 | 08:47 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara berhenti merokok efektif agar tubuh lebih sehat

ILUSTRASI. Cara berhenti merokok perlu dilakukan agar kesehatan tak terganggu.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda kesulitan menghilangkan kecanduan pada nikotin? Jika jawabannya iya, maka cara berhenti merokok yang efektif ini adalah jawabannya.

Sebagian orang susah berhenti merokok karena berbagai alasan. Jika dibiarkan dan tak dikendalikan, kebiasaan merokok dapat merusak organ dalam tubuh. Berbagai macam penyakit muncul dari kebiasaan tidak sehat ini.

Mengutip dari Mayo Clinic, keinginan untuk merokok atau tobacco craving akan hilang dalam waktu lima hingga 10 menit. Cara berhenti merokok berikut bisa Anda coba karena cukup efektif untuk dilakukan.

Hindari Pemicu

Keinginan merokok biasanya lebih banyak muncul di lingkungan yang mendukung kegiatan tersebut. Misalnya, saat Anda nongkrong dengan teman-teman, menghadiri pesta, minum kopi, atau merasa stres.

Baca Juga: Gara-gara rokok, guru dan aktivis kesehatan suarakan revisi PP 109 Tahun 2012

Anda perlu mengidentifikasi pemicu-pemicu tersebut terlebih dahulu. Jika sudah mengetahui pemicunya, Anda bisa mulai menghindari atau membuat rencana bagaimana agar tidak merokok saat berada dalam situasi tersebut.

Tunda Keinginan Merokok

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, keinginan merokok bisa hilang selama lima hingga 10 menit. Jika Anda memiliki keinginan merokok, Anda bisa mengalihkan perhatian Anda dengan melakukan hal lain.

Trik sederhana itu cukup efektif untuk membantu Anda berhenti merokok. Anda bisa berjalan-jalan sebentar untuk menghirup udara segar, ngobrol dengan teman, atau distraksi-distraksi kecil lainnya.

Baca Juga: Jangan merokok saat berkendara! Bisa kena denda Rp 750.000, ini aturannya

Mengunyah Sesuatu

Mayo Clinic menyebutkan, cara berhenti merokok yang efektif bisa dilakukan dengan mengunyah sesuatu. Anda bisa mengunyah permen karet tanpa gula, mengulum permen, mengunyah wortel mentah, atau mengunyah kacang.

Lakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik bisa membuat Anda mengurangi kebiasaan merokok dan benar-benar menghentikannya. Anda bisa mulai melakukan aktivitas fisik ringan. Misalnya, naik-turun menggunakan tangga, jalan santai, atau jogging.

Selalu Ingatkan Diri Sendiri tentang Keuntungan Tidak Merokok

Cara berhenti merokok di atas masih bisa dimaksimalkan dengan cara efektif lainnya. Anda perlu menuliskan keuntungan-keuntungan yang akan Anda dapat jika berhenti merokok. Setelah itu, baca berulang kali agar diri Anda selalu mengingatnya.

Misalnya, berhenti merokok membuat Anda menghemat uang, merasa lebih baik dan lebih sehat, serta menghindarkan keluarga atau orang terdekat Anda dari bahaya asap rokok. Kebiasaan merokok memang sulit dihentikan, tapi bukan berarti Anda tak bisa melakukannya.

Selanjutnya: Perempuan lebih berisiko menderita tekanan darah tinggi, benarkah?

Editor: Belladina Biananda


Terbaru