5 Bahan yang cocok dijadikan obat herbal flu dan batuk

Selasa, 14 September 2021 | 06:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan yang cocok dijadikan obat herbal flu dan batuk

ILUSTRASI. Ada banyak obat herbal flu dan batuk yang bisa Anda gunakan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Flu merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami banyak orang, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Untuk mengatasinya, ada banyak obat herbal flu dan batuk yang bisa Anda jadikan pilihan.

Selain dibarengi dengan batuk, flu biasanya menyebabkan nafsu makan menurun. Efek tersebut merupakan satu hal yang umum terjadi. Namun, bukan berarti Anda bisa membiarkannya, ya.

Anda tetap perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan supaya kondisi tubuh tak memburuk. Tak perlu khawatir, ada banyak pilihan bahan alami yang bisa Anda jadikan obat flu. Namun, bila kondisi tubuh tak membaik dalam jangka waktu tertentu, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Untuk memilih jenis makanan seperti apa yang tepat, cobalah makanan-makanan bernutrisi yang bisa memberi energi. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi flu sehingga proses penyembuhan pun dapat berjalan lebih cepat.

Baca Juga: 10 Bahan herbal yang berkhasiat jadi obat batuk berdahak dan kering

Bawang Putih

Meski memiliki aroma yang menyengat, bawang putih cocok dijadikan obat flu karena mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Gejala flu juga bisa berkurang setelah Anda mengonsumsi bawang putih.

Brokoli

Mengutip dari Healthline (healthline.com), brokoli memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat terinfeksi flu. Dalam satu porsi brokoli, Anda bisa mendapat asupan vitamin C, vitamin E, serat, kalsium, dan lain sebagainya.

Yogurt

Apakah Anda suka mengonsumsi yogurt? Produk olahan susu itu ternyata bisa digunakan sebagai obat flu, lo. Makan yogurt bisa meningkatkan imun tubuh sehingga sakit tenggorokan dan ciri-ciri flu lain dapat teratasi dengan optimal.

Tidak berhenti sampai di situ, yogurt juga dipenuhi dengan protein dan nutrisi lain yang mampu menyehatkan tubuh. Namun, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan. Usahakan untuk mengonsumsi yogurt tanpa pemanis atau perasa buatan, ya.

Baca Juga: Bisa jadi obat polip hidung, manfaatkan 5 bahan alami ini

Rempah

Setelah infeksi flu mulai mereda, biasanya Anda akan mengalami hidung tersumbat karena penumpukan lendir di saluran pernapasan. Beberapa jenis rempah bisa Anda gunakan sebagai obat herbal flu dan batuk. Hindari pemakaian rempah yang terasa pedas jika sakit tenggorokan masih Anda rasakan.

Oatmeal

Oatmeal bisa Anda jadikan obat herbal flu dan batuk.

Selain obat herbal flu dan batuk yang telah disebutkan, Healthline merekomendasikan oatmeal sebagai jenis makanan yang cocok dikonsumsi ketika flu. Vitamin E, antioksidan, serta serat dalam oatmeal mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Selanjutnya: Bisa jadi obat flu, Anda bisa gunakan 6 bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru