kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Obat Alami Sakit Maag, Cek Apa Saja


Senin, 27 Maret 2023 / 03:04 WIB
5 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Obat Alami Sakit Maag, Cek Apa Saja
ILUSTRASI. 5 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Obat Alami Sakit Maag, Cek Apa Saja


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Ada berbagai macam penyakit yang menyerang lambung, salah satu yang sering diderita masyarakat adalah penyakit maag. 

Bersumber dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung, maag adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam di dalam lambung yang menyebabkan iritasi/luka di selaput lendir lambung. 

Asam lambung diperlukan untuk membantu mengolah dan mencerna makanan. Namun, jika produksi asam di lambung terlalu berlebih hal tersebut menyebabkan penyakit maag. 

Penyakit maag dapat disebabkan pola hidup kita tidak sehat dan tidak teratur seperti makan tidak teratur, makanan yang terlalu pedas dan berminyak, merokok, minuman kopi/alkohol, bahkan stres menjadi salah satu faktor penyebab maag.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Jakarta Hari Ini, 4 Ramadhan 1444 H, Pilih Menu Takjil Berikut

Penyakit maag banyak diderita oleh orang memiliki kesibukan tinggi, sehingga pola hidup dan makannya tidak teratur. Penyakit ini dapat diketahui dari ciri-cirinya yaitu 

  • perut terasa kembung, 
  • mual hingga muntah, 
  • nyeri hulu hati, 
  • sering bersendawa, 
  • cepat merasa kenyang dan lapar.

Selain dengan obat-obatan kimia, penyakit maag juga bisa disembuhkan dengan berbagai bahan alami atau herbal. Berikut ini rangkuman bahan alami apa saja yang bisa menyembuhkan penyakit maag dari situs IAIN Metro.

Kunyit

Kunyit termasuk obat alami yang paling dikenal masyarakat untuk mengobati penyakit maag. 

Kandungan kurkumin dan kurkuminoid (bahan aktif dari kunyit) serta minyak atsiri dalam rimpang ini terbukti memiliki efek antioksidan, antibakteri, antiradang, dan antikanker sehingga baik dikonsumsi sebagai obat maag dan untuk kesehatan lainnya.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda perlu mengambil 2 ruas kunyit, kupas, bersihkan dan parut kunyit, tambahkan air matang dan peras untuk mengambil sarinya. 
Minum sebanyak dua kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Susu kambing

Meminum 200 ml susu kambing dengan rutin atau saat maag menyerang bisa membantu meringankan gejala penyakit ini.

Susu kambing bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung yang berlebih.

Baca Juga: Melumpuhkan Kolesterol Jahat, Ini Manfaat Kunyit Madu yang Kaya Antioksidan

Pisang raja

Pisang raja juga bisa membantu meringankan sakit maag. Pisang raja mengandung zat-zat yang bersifat antitukak peptik, Kandungan pektin yang tinggi dalam pisang dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung.

Pilih pisang yang sudah tua dan belum matang, keringkan pisang dengan cara kupas kulit pisang. potong kecil-kecil seperti keripik dengan cara dijemur. Jangan langsung dijemur dibawah mathari, cukup diangin-anginkan saja), 

Setelah kering jadikan bubuk dapat di tumbuk atau blender. Ambil dua sendok bubuk pisang, campur dengan madu, konsumsi dua kali sehari pagi dan malam.

Lidah buaya

Obat alami untuk mengatasi sakit maag selanjutnya adalah Lidah buaya. Bahan alami ini mengandung aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida yang baik untuk mengobati sakit maag. 

Zat aktif lain diidentifikasi sebagai Aloctin A dan Aloctin B. Aloctin A menghambat sekresi asam lambung dan pepsin jika diberikan secara intra vena pada tikus. 

Kandungan lain adalah Aloin dan Antrakinon yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin. Selain itu, lidah buaya mempunyai khasiat anti inflamasi.

Gel lidah buaya mengandung bradykinase, yaitu suatu enzim pemecah sumber inflamasi, bradykinin.

Cara mengolah lidah buaya untuk mengatasi maag sangat mudah. Pertama, kupas kulit lidah buaya dan bersihkan hingga lendirnya berkurang. 

Kemudian Rebus hingga matang dengan air mendidih. Sajikan dengan menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya atau dapat juga dijadikan jus dengan menambahkan madu.

Baca Juga: Biar Kolesterol Bisa Terkontrol, Ini Tips Puasa Buat Penderita Kolesterol Tinggi

Kacang hijau

Obat alami untuk sakit maag selanjutnya adalah kacang hijau. Kandungan dalam kacang ijo bisa membuat lapisan lambung tebal dan mengurangi kadar asam dalam labung berkurang.

Cara membuat obat alami untuk mengatasi maag dari kacang hijau cukup mudah. Pertama bersihkan kacang hijau, kemudian keringkan dengan cara dijemur. 

Sangrai kacang hijau hingga matang lalu haluskan hingga halus. Ambil satu sendok makan bubuk kacang hijau dan campur dengan air hangat, minum tiga kali sehari.

Namun, perempuan yang sedang hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi bahan di atas karena dapat berakibat kurang baik untuk janin yang dikandung. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kesehatan. Selain itu penyakit maag dapat dicegah dengan pola hidup hidup teratur dan makanan yang sehat dan hindari stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×