kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Bahan Ini Bisa Jadi Cara Meluruskan Rambut Secara Alami


Sabtu, 15 Januari 2022 / 15:15 WIB
5 Bahan Ini Bisa Jadi Cara Meluruskan Rambut Secara Alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Cara meluruskan rambut secara alami merupakan langkah yang bisa Anda pilih supaya rambut menjadi lebih teratur. Tak perlu khawatir, cara-cara di bawah ini cukup mudah untuk dicoba, kok.

Bahan-bahan alami yang digunakan tak hanya membuat rambut menjadi lebih lurus, tapi juga menutrisi rambut dengan baik. Hasilnya, rambut menjadi kuat dan tak mudah rontok serta terlihat berkilau.

Selain memakai bahan alami, Femina India merekomendasikan cara lain yang perlu Anda coba, yaitu menyisir rambut dalam keadaan basah. Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Cuci rambut dengan sampo dan kondisioner seperti biasa lalu keringkan rambut dengan handuk. Setelah itu, gunakan sisir bergigi jarang secara perlahan supaya rambut tidak rusak dan rontok.

Ulangi langkah tersebut tiap lima menit sekali sampai rambut kering agar bentuknya menjadi lurus. Agar rambut lurus bertahan lama, manfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Baca Juga: Awas! Ini 8 kebiasaan yang bisa merusak kesehatan rambut

Telur

Telur berguna sebagai cara meluruskan rambut secara alami.

Femina India mengatakan, telur juga dapat dimanfaatkan sebagai pelurus alami. Langkah yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Gunakan telur sebagai masker rambut dan kulit kepala selama 10 menit lalu bilas dengan sampo dan kondisioner. Lakukan cara tersebut dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Susu

Kasein dan whey protein yang terdapat dalam susu berfungsi sebagai pelurus alami. Kandungan-kandungan tersebut juga bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat dan lembut.

Selain susu sapi, Anda juga bisa memanfaatkan susu kambing, susu almond, dan santan. Caranya, Anda perlu mencuci rambut dengan sampo dan kondisioner seperti biasa.

Selanjutnya, aplikasikan susu di seluruh batang rambut dan kulit kepala. Setelah didiamkan selama beberapa menit, bilas dengan air.

Telur dan minyak zaitun

Cara meluruskan rambut secara alami bisa pakai minyak zaitun.

Supaya efeknya lebih terasa, Anda bisa mengkombinasikan telur dengan minyak zaitun. Tidak hanya meluruskan, gabungan dua bahan alami itu juga mampu menguatkan rambut. Dengan begitu, rambut menjadi tidak mudah rontok.

Caranya, campur 2 telur dengan 1 bagian minyak zaitun dalam sebuah wadah. Aduk rata sampai dua bahan itu tercampur rata kemudian aplikasikan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan dulu selama 1 jam sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: 4 Cara Alami Membuat Rambut Lurus Tanpa Perlu ke Salon

Madu dan pisang

Cara meluruskan rambut secara alami juga bisa Anda lakukan dengan memakai madu dan pisang, lo. Kedua bahan alami tersebut mampu melembabkan dan melindungi rambut dari kerusakan karena mengandung antibakteri dan pelembab alami.

Pertama, hancurkan sebuah pisang yang sudah matang lalu campur dengan 1 sdm madu. Setelah teraduk rata, aplikasikan campuran itu pada rambut dan kulit kepala.

Diamkan selama setengah jam sembari menutup rambut dengan shower cap. Selanjutnya, cuci rambut dengan sampo seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×