kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Bahan Alami yang Efektif Jadi Obat Radang Tenggorokan


Senin, 17 Januari 2022 / 08:55 WIB
5 Bahan Alami yang Efektif Jadi Obat Radang Tenggorokan
ILUSTRASI. Obat radang tenggorokan bisa Anda temukan dari bahan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biasanya, Anda mengalami radang tenggorokan saat terinfeksi flu atau jenis penyakit lain. kondisi itu membuat Anda kesulitan untuk menelan sesuatu sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, beberapa bahan alami bisa jadi obat radang tenggorokan.

Ada banyak jenis obat yang bisa Anda pilih di apotek. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar Anda. Selain mengobati rasa sakit di tenggorokan, kandungan dalam bahan alami juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tidak berhenti sampai di situ, umumnya bahan-bahan alami juga tidak menimbulkan efek samping. Jadi, cukup aman untuk anda pakai. Namun, jika sakit tenggorokan tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Madu

Obat radang tenggorokan selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah madu. Jenis bahan alami itu mengandung antibakteri yang mampu meredakan peradangan. Anda hanya perlu minum campuran 2 sdm madu dan teh atau air hangat sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda

Teh Herbal

Ada banyak jenis teh herbal yang bisa mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Mengutip dari Penn Medicine (pennmedicine.org), teh hijau mengandung banyak antibakteri dan antiinflamasi yang efektif mengobati infeksi.

Jika sakit tenggorokan menyebabkan Anda kesulitan untuk berbicara dan suara menjadi serak, cobalah untuk mengonsumsi teh kamomil. Jenis teh itu mengandung pelumas alami yang baik untuk kesehatan tenggorokan Anda.

Air Putih

Air putih termasuk obat radang tenggorokan.

Dehidrasi menyebabkan produksi lendir meningkat. Hal tu bisa membuat tenggorokan meradang sehingga menimbulkan rasa tak nyaman. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk banyak minum air putih, apalagi dalam suhu hangat.

Baca Juga: Ada Benjolan di Leher Kiri? Bisa Jadi Karena 6 Hal Ini

Garam

Penn Medicine menyebutkan bahwa air garam bisa mengencerkan lendir dan melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Caranya, campur ½ sdt garam dengan 8 ons air hangat. Selanjutnya, gunakan larutan itu untuk berkumur.

Lemon

Bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan obat radang tenggorokan adalah lemon. Anda hanya perlu mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 2 sdt air lemon. Supaya rasanya lebih lezat, Anda bisa menambahkan sedikit madu dalam campuran itu.

Kandungan dalam lemon efektif mengobati rasa sakit dan mengencerkan lendir yang menumpuk sehingga lendir lebih mudah untuk dikeluarkan. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan vitamin C yang ada dalam lemon bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga infeksi lebih cepat terobati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×