5 Bahan alami yang cocok jadi masker untuk kulit kering

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:09 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan alami yang cocok jadi masker untuk kulit kering

ILUSTRASI. Ada banyak masker untuk kulit kering yang terbuat dari bahan alami.

KONTAN.CO.ID - Kulit kering perlu dirawat dengan benar supaya tak menimbulkan masalah kesehatan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin memakai masker untuk kulit kering.

Selain membeli masker yang dijual di pasaran, Anda pun bisa memanfaatkan bahan alami.

Saat dibiarkan, kulit kering dapat memicu rasa gatal. Seiring berjalannya waktu, kulit gatal yang Anda garuk dapat terluka sehingga risiko infeksi pun semakin tinggi.

Tentu saja, Anda tidak mau mengalami kondisi seperti itu, kan? Di bawah ini, ada beberapa pilihan bahan alami yang dapat dipakai untuk pemilik tipe kulit kering.

Sebelum rutin menggunakannya, pastikan untuk mencobanya terlebih dahulu, ya. Lanjutkan pemakaian bila tak ada reaksi alergi yang muncul.

Minyak kelapa

Minyak kelapa jadi bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk merawat kulit kering. Mengutip dari The Healthy, minyak kelapa efektif mengobati dermatitis atopic yang mana berpengaruh pada kondisi kulit kering.

Baca Juga: Bisa jadi obat jerawat dan pelembab, berikut 5 manfaat madu untuk wajah

Susu

Susu dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk kulit kering.

Masker untuk kulit kering berikutnya bisa berasal dari susu. Antiinflamasi yang terdapat dalam susu mampu menjaga kelembaban kulit.

Tidak berhenti sampai di situ, susu juga dipenuhi dengan asam laktat yang bisa membersihkan sel kulit mati yang menumpuk.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, celupkan kain bersih dalam susu sapi. Kemudian, aplikasikan kain tersebut sebagai masker pada kulit kering. Diamkan dulu selama 10 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Madu

Cara mengatasi kulit kering berikutnya dapat Anda lakukan menggunakan madu. Tak hanya melembabkan, madu juga memiliki antibakteri yang bisa mencegah infeksi.

Caranya, aplikasikan madu pada kulit kering selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan memakai air.

Baca Juga: Punya masalah ketombe? Pakai 5 cara menghilangkan ketombe ini dengan alami

Yogurt

Masker untuk kulit kering bisa dari yogurt.

Tahukah Anda bahwa yogurt dapat digunakan sebagai masker untuk kulit kering?

The Healthy merekomendasikan Anda untuk memakai yogurt selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air. Kandungan dalam yogurt dapat melembabkan dan menenangkan peradangan kulit.

Oatmeal

Bahan alami lain yang efektif digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering adalah oatmeal. Asam lemak dan nutrisi lain yang terdapat dalam oatmeal mampu mengunci kelembaban kulit. Rutin memakai oatmeal juga efektif mengurangi rasa gatal yang muncul.

Selanjutnya: 9 Bahan alami yang cocok dijadikan cara memutihkan kulit

Editor: Belladina Biananda
Terbaru