Bisa jadi obat jerawat dan pelembab, berikut 5 manfaat madu untuk wajah

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa jadi obat jerawat dan pelembab, berikut 5 manfaat madu untuk wajah


KONTAN.CO.ID - Madu adalah bahan alami yang memiliki segudang manfaat. Salah satunya, baik untuk kesehatan kulit wajah Anda. Tentu, manfaat madu untuk wajah bisa Anda rasakan dengan memakainya secara teratur.

Bahan alami tersebut efektif Anda gunakan sebagai pelembab alami. Dabur Honey menyebutkan, enzim yang terkandung dalam madu mampu masuk ke lapisan kulit dengan mudah. Artinya, madu sangat cocok digunakan oleh pemilik tipe kulit kering.

Anda perlu mencuci wajah terlebih dahulu. Kemudian, aplikasikan satu sendok makan madu pada kulit wajah lalu diamkan dulu selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Tak hanya melembabkan, tentunya masih banyak manfaat madu lainnya yang bisa Anda dapat:

Obat jerawat

Madu dipenuhi dengan antibakteri dan antiinflamasi yang mampu membersihkan minyak berlebih dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Dengan begitu, risiko kemunculan jerawat dapat Anda hindari.

Supaya jerawat cepat sembuh, aplikasikan madu pada jerawat minimal 15 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Tips dari Ridwan Kamil untuk menghilangkan bau jengkol dan petai

Menyamarkan kerutan

Kerutan adalah salah satu tanda penuaan yang terlihat di kulit. Meski tidak berbahaya, kerutan bisa mengganggu penampilan. Nah, Anda bisa memanfaatkan madu untuk membantu menyamarkan kerutan dan tanda-tanda penuaan yang lain.

Mencerahkan warna kulit

Manfaat madu untuk wajah adalah mencerahkan warna kulit.

Manfaat madu untuk wajah berikutnya adalah mencerahkan warna kulit Anda. Anda bisa menggunakan madu secara langsung.

Namun, untuk memaksimalkan efeknya, tak ada salahnya untuk mencampur madu dengan yogurt. Asam laktat yang ada dalam produk olahan susu itu bisa mencerahkan warna kulit Anda.

Baca Juga: Ingin kadar asam urat tetap stabil? Konsumsi 5 bahan alami berikut ini

Mengobati sunburn

Sunburn adalah kondisi di mana kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari. Melansir Dabur Honey, madu efektif dijadikan obat sunburn. Antiinflamasi yang ada di madu mencegah kerusakan kulit yang semakin parah.

Supaya proses penyembuhan sunburn semakin cepat, cobalah untuk mengombinasikan madu dengan gel lidah buaya. Anda perlu mencampur madu dan lidah buaya dengan perbandingan 1:2. Aplikasikan campuran itu pada kulit secara perlahan.

Membersihkan sel kulit mati

Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah membersihkan sel kulit mati.

Manfaat madu untuk wajah juga bisa membersihkan sel kulit mati, lo. Anda perlu mencampur 2 sendok madu dengan 1 sendok baking soda terlebih dahulu.

Setelah teraduk rata, gosokkan pada kulit dengan gerakan memutar dan secara perlahan. Selanjutnya, bersihkan dengan air.

Selanjutnya: 5 Manfaat garam himalaya, bisa menurunkan gula darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru