kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat kutu rambut


Selasa, 30 Maret 2021 / 11:47 WIB
5 Bahan alami yang bisa Anda jadikan obat kutu rambut


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kutu rambut merupakan salah satu jenis parasit yang hidup di kulit kepala dan rambut Anda. Ada banyak obat kutu rambut yang bisa Anda pakai supaya kondisi kesehatan tak semakin terganggu. Salah satunya adalah dengan memakai obat yang berasal dari bahan-bahan alami.

Kandungan dalam bahan alami efektif mencegah pertumbuhan kutu. Jika penyebaran kutu tak segera diatasi, benjolan merah di kulit kepala Anda akan semakin banyak dan rasa gatal bisa semakin parah. Maka dari itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda.

Meski demikian, Anda perlu memerhatikan kondisi Anda setelah menggunakan bahan-bahan alami. Jika muncul reaksi alergi yang mengganggu, segera hentikan penggunaan. Anda pun perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika kutu rambut tak kunjung hilang meski sudah memakai banyak bahan alami.

Kapur Barus dan Minyak Kelapa

India.com merekomendasikan kombinasi kapur barus dan minyak kelapa untuk membasmi kutu rambut. Pertama, Anda perlu mencampur 2 sdm minyak kelapa dan 1 sdm kapur barus yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada rambut dan kulit kepala selama semalaman.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukannya sebanyak tiga kali dalam seminggu. Antiparasit yang terkandung dalam kapur barus akan membunuh kutu rambut dan minyak kelapa akan memudahkan Anda untuk membersihkannya.

Baca Juga: 4 Bahan alami ini bisa dijadikan cara menghilangkan kutu rambut

Bawang Putih

Jika Anda mencari obat kutu rambut, maka bawang putih bisa jadi salah satu pilihannya. Bahan alami itu memiliki aroma yang kuat dan tidak disukai kutu rambut. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Caranya, tumbuk 10 butir bawang putih hingga benar-benar halus. Setelah itu, tambahkan air perasan jeruk nipis lalu aduk hingga rata. Aplikasikan campuran tersebut pada kulit kepala selama 30 menit lalu bilas dengan air panas.

Baca Juga: Catat, inilah 5 penyebab munculnya uban di usia muda

Tea Tree Oil

Tea tree oil juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat kutu rambut, lo. Caranya, campur 1 sdt tea tree oil dengan 1 ons sampo alami dan 3 sdm minyak kelapa. Aplikasikan campuran itu pada kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan shower cap selama 30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air panas.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa Anda manfaatkan sebagai obat kutu rambut.

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan, India.com mengatakan bahwa minyak zaitun juga bermanfaat untuk membasmi kutu rambut. Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan shower cap semalaman. Di pagi hari, bersihkan kutu rambut yang telah mati.

Selanjutnya: 5 Penyebab ketombe yang perlu Anda ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×