kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Bahan Alami Ini Efektif Dijadikan Obat Bisul Alami


Jumat, 07 Januari 2022 / 13:28 WIB
5 Bahan Alami Ini Efektif Dijadikan Obat Bisul Alami
ILUSTRASI. Bawang putih cocok Anda pakai sebagai obat bisul alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisul adalah jenis penyakit kulit yang bisa dialami oleh siapa saja. Memakai obat bisul alami bisa jadi salah satu cara mencegah infeksi kulit yang lebih parah. Namun, bukan berarti bahan-bahan alami ini menggantikan obat dokter, ya. Anda tetap perlu memeriksakannya, apalagi bisul yang sangat parah.

Top 10 Home Remedies (top10homeremdies.com) mengatakan bahwa penyebab bisul adalah infeksi staphylococcal bacteria. Di samping itu, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kemunculan bisul. Mulai dari kebersihan yang tak terjaga, tubuh kekurangan nutrisi, hingga kondisi kesehatan tertentu.

Umumnya, bisul ditandai dengan benjolan kemerahan. Seiring berjalannya waktu, bisul akan membesar karena mengandung lebih banyak nanah. Supaya kondisi tubuh Anda tak semakin terganggu, cobalah beberapa cara mengobati bisul dalam artikel ini.

Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat bisul tradisional, lo. Caranya sangat mudah. Pertama, tumbuk beberapa siung bawang putih agar Anda bisa mendapat ekstraknya. Aplikasikan ekstrak bawang putih pada bisul selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kunyit

Obat bisul alami bisa dari kunyit dan bahan-bahan yang lain.

Bahan alami pertama yang bisa digunakan sebanyak obat bisul adalah kunyit. Jenis rempah itu mengandung antiseptik dan antiinflamasi yang dapat mempercepat proses penyembuhan bisul. Tak hanya itu, senyawa dalam kunyit juga mampu mengurangi rasa sakit akibat bisul.

Caranya, campur 1 sdm bubuk kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Aplikasikan campuran itu pada bisul selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Anda perlu mengulangi langkah tersebut beberapa kali dalam sehari supaya bisul bisa sembuh dengan lebih cepat.

Air Hangat

Air hangat juga bisa digunakan sebagai cara mengobati bisul. Anda hanya perlu mencelupkan handuk bersih ke air hangat, peras, lalu gunakan handuk itu untuk mengompres bisul selama 10 menit. Ulangi cara tersebut beberapa kali sampai bisul pecah dan benar-benar sembuh.

Baca Juga: Bisa mengatasi asam urat, ini manfaat pare untuk kesehatan

Bawang Merah

Jika Anda mencari obat bisul alami, maka bawang merah bisa Anda jadikan pilihan. Sama seperti bahan-bahan alami sebelumnya, bawang merah mengandung antimikroba dan antiseptik sehingga efektif menyembuhkan bisul.

Pertama, potong bawang merah menjadi beberapa iris. Letakkan irisan bawang merah di atas bisul lalu tutup dengan kain bersih. Ganti irisan bawang merah dengan irisan yang baru tiap dua jam sekali. Terus lakukan cara tersebut sampai bisul pecah dan mengering.

Cuka Apel

Obat bisul alami berikutnya adalah cuka apel. Mengutip dari Top 10 Home Remedies, antiseptik dan antimikroba yang terkandung dalam cuka apel efektif melawan infeksi penyebab bisul. Anda perlu mencampur cuka apel dengan air terlebih dahulu lalu aplikasikan pada bisul. Ulangi beberapa kali sampai bisul sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×