Kesehatan Umum

5 Bahan alami ini bisa sembuhkan sariawan di gusi

Kamis, 12 November 2020 | 16:06 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Bahan alami ini bisa sembuhkan sariawan di gusi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulut adalah anggota tubuh yang terbilang sensitif. Sariawan bisa muncul di bagian mulut mana pun. Mulai dari dinding mulut, bibir, hingga gusi. Meski tak berbahaya, sariawan di gusi menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk memakai bahan-bahan alami berikut ini.

Madu

Doctor NDTV (doctor.ndtv.com) mengatakan bahwa madu mengandung antibakteri yang efektif digunakan untuk mengobati sariawan. Bahan alami ini berperan sebagai pelembab sehingga daerah di sekitar sariawan tak kering.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah, yaitu dengan mengaplikasikan madu secara langsung pada sariawan. Anda juga bisa mencampurnya dengan kunyit agar proses penyembuhan lebih efektif. Aplikasikan bahan alami tersebut setiap beberapa jam sekali agar sariawan lebih cepat sembuh.

Minyak Kelapa

Pada beberapa kasus, sariawan bisa menyebabkan daerah di sekitarnya meradang. Hal itu bisa diatasi dengan minyak kelapa yang mengandung antiinflamasi. Pertama, celupkan kapas pada minyak kelapa lalu aplikasikan pada sariawan di gusi. Ulangi beberapa kali dalam sehari agar sariawan hilang lebih cepat.

Baca Juga: 5 Cara menyembuhkan sariawan dengan bahan alami

Cuka Apel

Selain bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, cuka apel juga efektif untuk mengobati sariawan. Caranya, campurkan 1 sdm cuka apel ke dalam setengah gelas air. Gunakan campuran itu untuk berkumur di pagi dan malam hari sampai sariawan benar-benar sembuh.

Garam

Berkumur dengan air garam bisa jadi obat sariawan di gusi.

Tak hanya cuka apel, berkumur dengan air garam juga bisa Anda lakukan untuk mengobati sariawan, lo. Cara ini cukup efektif karena bisa menjangkau sariawan yang muncul di gusi yang sulit dijangkau. Air garam berperan untuk menangkan sariawan yang meradang.

Cara yang perlu Anda lakukan adalah mencampur 1 sdm garam ke dalam satu gelas air hangat. Gunakan campuran itu untuk berkumur. Anda bisa berkumur dengan air garam sebanyak beberapa kali dalam sehari supaya sariawan bisa lebih cepat sembuh.

Baca Juga: Kenali jenis-jenis obat sariawan agar tidak salah pemakaian

Pasta Gigi

Doctor NDTV merekomendasikan pasta gigi sebagai bahan lain untuk mengobati sariawan di gusi. Antimikroba dalam pasta gigi berguna untuk melawan infeksi penyebab sariawan. Tak hanya itu, pasta gigi juga memberikan efek dingin sehingga sakit dan rasa tidak nyaman akibat sariawan berkurang.

Caranya, aplikasikan pasta gigi pada sariawan secara langsung. Anda perlu menidamkannya dulu selama beberapa saat. Setelah itu, kumurlah dengan air biasa untuk membersihkan pasta gigi yang tersisa.

Selanjutnya: Cara mengobati sariawan pada bayi beserta cara mencegahnya

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru