Kecantikan & Kebugaran

4 Tanda diet keto harus segera Anda hentikan

Rabu, 16 September 2020 | 15:19 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Tanda diet keto harus segera Anda hentikan

ILUSTRASI. Diet keto membatasi asupan karbo sehingga sebagian orang tak cocok melakukan diet ini terlalu lama.

KONTAN.CO.ID - Banyak orang yang mulai menerapkan program diet keto. Diet ini melibatkan jenis makanan tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbo. Namun, tak semua orang bisa melakukan jenis diet ini, lo.

Mengutip dari E Times, 8% orang yang diteliti pada tahun ini mengatakan pernah mengikuti diet keto. Orang-orang yang tertarik menjalankan jenis diet ini tergiur dengan berat badan yang bisa turun dengan cepat.

Diet keto adalah cara menurunkan berat badan dengan mengatur metabolisme tubuh mengonsumsi makronutrisi dalam jumlah tertentu. Mengonsumsi 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbo memaksa tubuh untuk masuk dalam fase ketosis sehingga lemak terbakar.

Meski terdengar menjanjikan, tak semua orang cocok dengan diet keto. Para ahli bilang, diet keto tak baik untuk dilakukan dalam jangka waktu lama.

Nah, berikut tanda-tanda yang perlu Anda perhatikan agar segera berhenti melakukan cara menurunkan berat badan ini:

Baca Juga: Peneliti Australia uraikan 6 langkah turunkan berat badan yang aman bagi perempuan

Tak punya energi

Jika Anda tak memiliki banyak energi, bahkan sulit untuk bangun dari tempat tidur, maka diet keto bisa jadi penyebabnya.

Jumlah karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi berkurang terlalu banyak selama Anda menjalankan diet keto. Hasilnya, Anda menjadi lebih mudah lelah.

Sembelit

Selain tak punya energi, diet keto juga dapat menyebabkan sembelit. E Times menyebutkan, diet keto berhasil saat karbohidrat benar-benar terbatas.

Namun, kehilangan karbohidrat artinya kehilangan serat. Semakin lama melakukan diet keto, sistem pencernaan akan semakin menurun.

Baca Juga: 5 Olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan

Sakit kepala

Sering mengalami sakit kepala bisa jadi tanda bahwa Anda harus segera berhenti melakukan diet keto. Saat ketosis berlangsung, tubuh mengeluarkan cairan lebih cepat.

Jumlah insulin juga menurun karena Anda mengonsumsi karbo lebih sedikit. Hasilnya, Anda menjadi dehidrasi dan lebih mudah sakit kepala.

Mual

Melansir dari E Times, banyak orang yang merasa mual saat mencoba diet keto. Jika Anda tak bisa mengatasi gejala ini dengan baik, tandanya Anda tak cocok dengan cara menurunkan berat badan ini.

Minum banyak air dan elektrolit bisa meredakan gejala. Tapi jika tak ada perubahan, maka diet harus segera Anda hentikan.

Selanjutnya: Enam jenis karbohidrat ini ternyata tak merusak diet keto

Editor: Belladina Biananda


Terbaru