4 Tahap Perkembangan Asam Urat, Tahapan Kronis yang Terparah

Kamis, 26 Januari 2023 | 06:16 WIB Sumber: Kompas.com
4 Tahap Perkembangan Asam Urat, Tahapan Kronis yang Terparah

ILUSTRASI. Asam urat adalah jenis radang sendi yang terjadi ketika kadar asam urat menjadi sangat tinggi.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini, banyak masyarakat yang menderita asam urat. Asam urat adalah jenis radang sendi yang terjadi ketika kadar asam urat menjadi sangat tinggi. 

Mengutip Creaky Joints, ini adalah salah satu penyakit tertua yang tercatat, di mana berasal dari Mesir kuno. Penyakit asam urat berkembang melalui 4 tahapan, yaitu: 

  1. Asam urat tinggi 
  2. Asam urat akut 
  3. Gout interkritis 
  4. Asam urat kronis

Asam urat ini sebenarnya adalah produk sampingan yang normal dari reaksi metabolisme dalam tubuh. Namun, ketika kadar asam urat menjadi sangat tinggi membuat tubuh tidak dapat dengan mudah melarutkannya dan mengeluarkannya melalui urin. 

Kondisi itu membuat asam urat mulai mengkristal. Kristal asam urat itu kemudian mengendap di persendian yang menyebabkan peradangan parah. 

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Asam Urat, Jangan Coba-Coba Makan!

Biasanya, jempol kaki adalah tempat awal asam urat bersarang. Seiring waktu, asam urat dapat mulai mempengaruhi lebih banyak sendi di seluruh tubuh dan menyebabkan masalah, seperti asam urat tophi dan kerusakan tulang permanen. 

Berikut tahapan perkembangan asam urat yang perlu dikenali: 

1. Asam urat tinggi 

Mengutip Creaky Joints, tahap perkembangan asam urat ini disebut juga hiperurisemia asimtomatik. Tahap ini menjadi awal asam urat menumpuk di dalam darah dan mulai membentuk kristal di sekitar sendi, paling sering di kaki. 

Asam urat dibuat ketika tubuh Anda memecah zat yang disebut purin, yang diproduksi oleh tubuh dan juga dapat ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu. 

Baca Juga: Punya Gejala Mirip, Ini Perbedaan Asam Urat dan Rematik

Theodore R Fields, dokter reumatologi di Hospital for Special Surgery di New York City mengatakan bahwa pada tahap awal penyakit asam urat ini, umumnya dialami orang tanpa gejala. 

“Pada tahap pertama asam urat ini, orang tersebut tidak mengalami nyeri sendi, tidak ada sendi yang merah atau bengkak, hanya tes darah asam urat yang meningkat,” kata Dr Fields. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru