4 Rekomendasi obat kulit gatal dari bahan-bahan alami

Rabu, 24 Februari 2021 | 11:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi obat kulit gatal dari bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Oatmeal bisa Anda jadikan obat kulit gatal. Kontan/Alri kemas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap orang pernah mengalami kulit yang terasa gatal. Namun, bagi sebagian orang, kondisi itu sering terjadi dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Tentu saja Anda membutuhkan obat kulit gatal supaya kondisi kesehatan tetap terjaga.

Jika rasa gatal terus dibiarkan, kulit mudah terluka sehingga risiko infeksi pun meningkat. Tidak jarang rasa gatal yang muncul dapat mengganggu waktu tidur sehingga menyebabkan penderitanya mengalami stres dan depresi.

Ada banyak jenis obat yang bisa Anda pakai untuk meredakan rasa gatal. Tak hanya obat-obatan yang dijual di apotek, Anda pun dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Selain mudah didapat, bahan alami juga cukup aman untuk dipakai.

Kompres Dingin

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), menggunakan kompres dingin jadi salah satu cara yang cukup efektif meredakan rasa gatal di kulit. Anda hanya perlu mengaplikasikan kompres dingin di area kulit yang gatal selama lima hingga 10 menit.

Jika Anda memakai krim pelembab, tidak ada salahnya untuk meletakkannya dalam kulkas agar efek dinginnya semakin terasa. Suhu dingin dari kompres atau krim pelembab yang sudah didinginkan dapat mengurangi inflamasi pada kulit sehingga rasa gatal berkurang.

Baca Juga: Dari bahan alami, ini ​6 cara menghilangkan ketombe

Colloidal Oatmeal

Opsi obat gatal kulit selanjutnya adalah colloidal oatmeal atau oatmeal yang sudah dihaluskan hingga menjadi bubuk, jadi lebih mudah terserap kulit. Tak hanya mengatasi rasa gatal dan kondisi kulit yang kering, memakai colloidal oatmeal dapat mengunci kelembaban kulit Anda.

Cuka Apel

Salah satu obat kulit gatal bisa terbuat dari cuka apel.

Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal kulit adalah cuka apel. Zat asam dalam cuka apel berguna sebagai disinfektan dan antiseptik yang dapat melindungi kulit dari infeksi.

Anda perlu mencampur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Gunakan campuran itu pada kulit kepala atau area kulit lain yang gatal, tunggu sampai kering, lalu bilas dengan air. Namun, pastikan untuk tidak memakai cuka apel pada luka yang terbuka karena bisa menimbulkan sensasi terbakar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat sakit mata gatal dan iritasi ringan

Baking Soda

Selain cara-cara di atas, Medical News Today menyebutkan bahwa baking soda bisa Anda pakai untuk mengatasi rasa gatal di kulit. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan antijamur dalam baking soda.

Caranya, campur baking soda dan air secukupnya hingga berbentuk pasta. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada area kulit yang gatal lalu bilas dengan air setelah mengering. Anda bisa melakukannya secara rutin supaya rasa gatal bisa cepat hilang.

Selanjutnya: Alergi dingin, ini gejala dan pencegahan yang perlu Anda tahu

Editor: Belladina Biananda
Terbaru