Tips Sehat

4 Rekomendasi obat gatal yang berasal dari bahan alami

Selasa, 20 April 2021 | 11:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi obat gatal yang berasal dari bahan alami

ILUSTRASI. Daun kemangi bisa Anda manfaatkan sebagai obat gatal.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kulit yang terasa gatal sering kali membuat Anda merasa tidak nyaman, kan? Jika terus dibiarkan, kondisi itu juga bisa menimbulkan masalah yang lebih parah, misalnya infeksi kulit. Maka dari itu, segera gunakan obat gatal untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

She Cares (shecares.com) menyebutkan bahwa kulit gatal bisa disebabkan karena kondisi kulit yang kering. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menggunakan pelembab supaya kelembaban kulit terjaga.

Ada banyak pelembab dari bahan alami yang bisa Anda coba. Misalnya, minyak kelapa atau minyak peppermint. Selain bahan alami tersebut, tentu saja masih banyak bahan alami lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi rasa gatal di kulit.

Kemangi

Tidak hanya enak disantap, daun kemangi juga bisa Anda gunakan sebagai obat gatal, lo. Kandungan dalam daun kemangi mampu mengurangi rasa gatal dan kulit yang membengkak serta kemerahan.

Anda hanya perlu menumbuk daun kemangi lalu aplikasikan pada kulit yang terasa gatal. Diamkan dulu selama minimal 20 menit lalu bilas dengan air. Cobalah untuk melakukan langkah tersebut secara rutin sampai rasa gatal berkurang dan hilang.

Baca Juga: Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan pakai obat

Oatmeal

Tahukah Anda bahwa oatmeal bisa mengatasi rasa gatal di kulit? Selain mengatasi rasa gatal dan meredakan peradangan, oatmeal dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Anda bisa berendam pada air yang dicampur dengan bubuk oatmeal supaya mendapat manfaat itu.

Cuka Apel

She Cares merekomendasikan cuka apel untuk mengobati rasa gatal di kulit Anda. Antimikroba dan zat asam dalam cuka apel mampu menyeimbangkan pH kulit sehingga rasa gatal pun berkurang. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Sama seperti oatmeal, Anda perlu mencampur cuka apel dalam air yang Anda gunakan untuk mandi. Meski demikian, usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya. Tujuannya agar tidak ada efek samping yang perlu Anda alami.

Baca Juga: Apa itu herpes? Inilah gejala dan cara mengobatinya

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa Anda manfaatkan sebagai obat gatal.

Lidah buaya termasuk bahan alami yang sudah biasa dijadikan obat gatal. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang mampu mengurangi rasa gatal di kulit. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terasa gatal.

Selanjutnya: 4 Obat herbal ambeien ini bisa Anda jadikan pilihan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru