4 Rekomedasi obat tetes telinga dari bahan-bahan alami

Selasa, 18 Mei 2021 | 14:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomedasi obat tetes telinga dari bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Jahe bisa Anda manfaatkan sebagai obat tetes telinga.

KONTAN.CO.ID - Obat tetes telinga Anda butuhkan saat telinga mengalami infeksi, misalnya, karena bakteri. Alih-alih menggunakan obat yang dijual di apotek, ada baiknya untuk menggunakan bahan alami.

Tujuannya, agar tidak ada efek samping yang muncul.

Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pembersih telinga mana yang sebaiknya Anda pakai. Dengan begitu, kondisi kesehatan telinga Anda bisa tetap terjaga.

Selain mengatasi infeksi, cara membersihkan telinga juga penting Anda lakukan untuk mengeluarkan kotoran. Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun, jahe, dan bahan alami yang lain. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Jahe

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan sebagai obat tetes telinga adalah jahe. Healthline menyebutkan, jahe mengandung antiinflamasi sehingga efektif mengatasi peradangan dalam telinga yang disebabkan oleh infeksi.

Anda bisa mengaplikasikan air rebusan jahe di sekitar lubang telinga. Selain itu, Anda juga bisa menghangatkan minyak dengan jahe terlebih dahulu. Gunakan minyak tersebut untuk mengatasi infeksi di telinga.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat cantengan yang bisa Anda temukan di rumah

Hidrogen peroksida

Obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai hidrogen peroksida.

Caranya, pertama-tama masukkan beberapa tetes hidrogen peroksida pada telinga, dimakan selama beberapa menit, lalu buang hidrogen peroksida tersebut. Selanjutnya, bilas telinga dengan air.

Minyak zaitun

Obat tetes telinga lainnya yang direkomendasikan Healthline selanjutnya adalah minyak zaitun. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Jika Anda ingin menggunakan minyak zaitun, pastikan untuk menggunakan minyak dengan suhu tak lebih dari suhu tubuh Anda. Selain itu, usahakan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Apalagi, jika minyak zaitun akan digunakan pada anak-anak.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi migrain ini mudah untuk Anda coba, lo

Bawang putih

Obat tetes telinga bisa Anda buat dari bawang putih.

Jika Anda mencari obat pembersih telinga, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bawang putih. Jenis bahan alami itu mengandung antibiotik dan mampu meredakan rasa sakit dalam telinga yang muncul akibat infeksi.

Cara membuat cairan pembersih telinga dari bawang putih cukup mudah. Pertama, rendam beberapa bawang putih yang sudah ditumbuk dalam minyak zaitun selama beberapa menit.

Setelah itu, pisahkan bawang putih dan gunakan minyak zaitun untuk mengobati infeksi telinga.

Selanjutnya: 5 Rekomendasi obat sakit telinga yang mudah dicoba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru