4 Rekomendasi obat cantengan yang bisa Anda temukan di rumah

Kamis, 13 Mei 2021 | 06:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi obat cantengan yang bisa Anda temukan di rumah

ILUSTRASI. Ada banyak obat cantengan yang berasal dari bahan alami. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.

KONTAN.CO.ID - Cantengan adalah adalah salah satu jenis penyakit kuku yang sering terjadi. Jika mengalaminya, ada banyak obat cantengan yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Mengutip dari Dailyhunt, penyebab cantengan adalah infeksi virus atau bakteri. Infeksi itu terjadi sat ada bagian kuku yang terluka. Entah karena Anda sering menggigit kuku, penggunaan bahan kimia yang membuat kulit sekitar kuku iritasi, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, ada banyak obat yang bisa Anda beli di apotek. Namun, tidak ada salahnya untuk memakai bahan alami. Apalagi, jika cantengan belum terlalu parah.

Namun, jika bahan-bahan ini tidak memberikan efek apa pun dan cantengan semakin parah, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya.

Bawang putih

Bawang putih jadi bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat cantengan. Antiinflamasi yang terkandung dalam bawang putih cukup efektif mengatasi infeksi. Selain itu, bawang putih juga berguna untuk meredakan peradangan.

Pertama-tama, tumbuk bawang putih sehingga Anda bisa mendapat ekstraknya. Aplikasikan beberapa tetes ekstrak bawang putih ke area kuku cantengan.

Diamkan dulu selama 20 menit kemudian bilas dengan air. Ulangi langkah tersebut setiap hari supaya cantengan bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: Segar dan hangat, wedang secang bisa mengobati asam urat tinggi

Air hangat dan lemon

Cara mengobati cantengan yang sudah bengkak juga bisa Anda lakukan dengan air hangat dan lemon, lo. Caranya, campur beberapa tetes air lemon dalam sewadah air hangat.

Rendam kuku yang terinfeksi dalam air itu selama minimal 20 menit. Anda perlu mengulangi langkah tersebut sebanyak tiga hingga empat kali dalam satu hari. Dengan begitu, cantengan bisa sembuh lebih cepat.

Jika Anda memiliki kulit yang mudah iritasi, Dailyhunt merekomendasikan Anda untuk mengganti lemon dengan saline solution.

Kunyit

Salah satu manfaat kunyit adalah digunakan sebagai obat cantengan.

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai obat cantengan adalah kunyit. Sama seperti bawang putih, kunyit mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan kuku bengkak akibat cantengan.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama-tama, hangatkan kunyit dalam minyak. Setelah itu, diamkan beberapa saat lalu aplikasikan pada cantengan.

Setelah 20 menit, bersihkan sisa kunyit. Ulangi cara tersebut setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Terbuat dari bahan-bahan alami, berikut 4 rekomendasi obat jamur kuku

Epsom salt

Cantengan juga bisa Anda atasi dengan epsom salt. Caranya, campur 2 sdm epsom salt dalam air hangat.

Rendam kuku yang cantengan dalam air tersebut selama 15 menit. Supaya infeksi tak semakin parah, Anda perlu menjaga area kuku kering setelah merendamnya.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi obat bisul alami, mudah Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru