Tips Sehat

4 Pilihan pembersih telinga ini efektif dan mudah dicoba

Rabu, 03 Februari 2021 | 11:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Pilihan pembersih telinga ini efektif dan mudah dicoba

ILUSTRASI. Minyak zaitun berguna sebagai pembersih telinga.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu masalah yang menyebabkan telinga terasa tak nyaman adalah adanya penumpukan kotoran. Tentu saja Anda perlu segera menggunakan pembersih telinga. Jika tidak, telinga akan terus terasa gatal dan bisa muncul rasa sakit, bahkan bisa menimbulkan komplikasi.

Meski demikian, perlu diingat bahwa Anda tidak disarankan untuk menggunakan pembersih setiap hari. Hal tersebut justru akan membuat lubang telinga menjadi kering sehingga perlindungan alami bagian dalam telinga pun hilang.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membersihkan kotoran yang menumpuk di telinga. Bahan alami akan melunakkan kotoran sehingga lebih mudah untuk keluar. Dengan begitu, kondisi telinga Anda menjadi lebih terjaga.

Minyak Kelapa

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), minyak kelapa memiliki rantai asam lemak yang mirip dengan sebum sehingga aman digunakan untuk membersihkan kotoran telinga. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung antimikroba alami. Artinya, risiko infeksi pun rendah.

Bahan yang Anda perlukan adalah minyak kelapa secukupnya dan alat tetes. Anda perlu menghangatkan minyak kelapa terlebih dahulu. Kemudian, masukkan minyak tersebut pada lubang telinga dengan alat tetes. Setelah didiamkan selama 10 menit, keluarkan sisa minyak dengan memiringkan kepala.

Baca Juga: Semua orang mengalami, ini 4 penyebab telinga gatal

Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga cocok dijadikan pembersih telinga. Kandungan dalam minyak zaitun mampu melunakkan kotoran dalam telinga sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Cara yang perlu Anda lakukan sama seperti cara memakai minyak kelapa.

Asam Lemak Omega-3

Stylecraze mengatakan bahwa mengonsumsi sumber makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3 mampu menurunkan risiko masalah karena kotoran telinga. Beberapa jenis makanan yang perlu Anda konsumsi secara rutin adalah alpukat, ikan salmon, dan kacang kenari.

Baca Juga: Begini 7 cara merawat kesehatan telinga dan pendengaran

Air Garam

Air garam bisa Anda pakai sebagai pembersih telinga.

Bahan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai pembersih telinga adalah air garam. Garam mampu melunakkan kotoran telinga yang keras dan sulit keluar. Selain air garam, bahan lain yang Anda perlukan adalah kapas.

Celupkan kapas pada air garam yang telah Anda siapkan. Selanjutnya, peras kapas tersebut sehingga air garam masuk ke lubang telinga. Biarkan selama beberapa saat, setelah itu miringkan kepala ke arah sebaliknya. Jadi, sisa air garam bersama kotoran bisa keluar.

Selanjutnya: Awas, cotton bud bisa merusak telinga

Editor: Belladina Biananda
Terbaru