kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Menyerang


Kamis, 17 November 2022 / 08:45 WIB
4 Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Menyerang


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian orang kerap mengalami penyakit asam lambung naik. Ini adalah penyebab gangguan sistem pencernaan yang cukup umum. 

Kondisi ini dapat membuat asam lambung yang sudah berada di perut kembali naik ke kerongkongan dan menimbulkan beragam gejala penyakit. 

Melansir Medical News Today, gejala asam lambung naik yang cukup umum adalah munculnya rasa tidak nyaman sampai terasa panas di dada (heartburn). 

Menurut American College of Gastroenterology, rasa tidak nyaman tersebut bisa menjalar di dada atau di belakang tulang dada. 

Gejala asam lambung naik juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Beberapa penderita gangguan asam lambung merasakan mulutnya terasa pahit dan asam saat penyakitnya kambuh. 

Gejala asam lambung naik bisa berlangsung selama beberapa jam. Rasa tidak nyaman ini acap kali memburuk setelah makan atau dalam kondisi perut kosong. Penyakit asam lambung naik yang hanya kumat sesekali umumnya tidak perlu dikhawatirkan. 

Baca Juga: Awas! Ini 5 penyebab heartburn dan mual yang harus Anda waspadai

Apabila asam lambung naik kambuh lebih dari dua kali seminggu, pemicunya bisa karena gastroesofageal reflux disease (GERD). Apa pun penyebabnya, penyakit asam lambung naik bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. 

Berikut beberapa pertolongan pertama saat asam lambung naik untuk membantu meredakan penyakit: 

1. Longgarkan pakaian 

Melansir Healthline, tekanan pada perut dapat memicu naiknya asam lambung. Untuk itu, pertolongan pertama saat asam lambung naik perlu menghilangkan segala tekanan pada perut. 

Saat penyakit kumat, segera longgarkan ikat pinggang, kait celana, baju, atau apa pun yang membuat penderita makin merasa sesak. 

Baca Juga: Ini 4 Makanan yang cocok dijadikan obat penurun panas




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×