kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Penyebab sariawan ini bisa terjadi, ada yang Anda alami?


Kamis, 18 Maret 2021 / 10:54 WIB
4 Penyebab sariawan ini bisa terjadi, ada yang Anda alami?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sariawan muncul sat jaringan dalam rongga mulut hilang atau robek. Biasanya, masalah kesehatan itu berbentuk luka kecil dengan warna merah, kuning, atau bahkan abu-abu. Ada beberapa penyebab sariawan yang bisa Anda alami.

Jika kondisi itu tak Anda atasi dengan baik, tidak hanya aktivitas Anda yang terganggu, tapi kondisi bagian tubuh yang lain pun terpengaruh. Biasanya, sariawan dibarengi dengan kondisi yang lain. Mulai dari demam, sakit terasa di seluruh mulut, sulit untuk berbicara atau menelan, dan lain sebagainya.

Bila gejala itu terjadi dalam jangka waktu lama dan sariawan tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter. Supaya masalah tersebut tak terulang kembali, ada baiknya bagi Anda untuk menghindari penyebab-penyebabnya.

Kecelakaan

Kecelakaan jadi penyebab sariawan yang umum terjadi. Beberapa jenis kecelakaan yang dimaksud adalah bagian dalam mulut yang tak sengaja tergigit, penggunaan kawat gigi, atau letak gigi yang tidak teratur.

Baca Juga: Waspada gejala baru Covid-19, kini mirip sariawan, ini bedanya

Pola Hidup

Mengutip dari Medicinenet (medicinenet.com), sariawan juga bisa muncul aibat pola hidup yang tidak sehat, lo. Beberapa kebiasaan tidak sehat yang meningkatkan risiko kemunculan sariawan adalah mengonsumsi tembakau atau merokok dan mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan.

Jika Anda sering sariawan dan memiliki kebiasaan-kebiasaan itu, cobalah untuk berhenti melakukannya. Kurangi jumlah rokok dan alkohol yang Anda konsumsi sehari-hari. Apabila Anda merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Stres

Stres, baik stres fisik ataupun stres mental, termasuk salah satu penyebab sariawan yang sering terjadi, lo. Stres fisik bisa Anda atasi dengan mengistirahatkan tubuh. Sedangkan stres mental bisa Anda atasi dengan melakukan kegiatan relaksasi.

Beberapa jenis kegiatan yang bisa mengurangi stres yang Anda alami adalah meditasi, yoga, melakukan hobi, atau hal lain yang membuat Anda merasa senang. Bila dibutuhkan, Anda juga bisa berkonsultasi dengan psikolog supaya mendapat cara mengelola stres yang tepat.

Baca Juga: Covid Tongue, gejala baru positif corona mirip sariawan

Kondisi Kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan bisa jadi penyebab sariawan yang Anda alami.

Medicinenet menyebutkan beberapa kondisi kesehatan yang Anda alami bisa memicu munculnya sariawan. Mulai dari asam lambung naik, diabetes, penyakit autoimun, dan lain sebagainya. Maka dari itu, penting untuk memeriksakan kondisi tubuh supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Selanjutnya: 6 Rekomendasi obat sariawan, efektif dan dari bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×