4 Minuman segar penurun asam lambung tinggi

Rabu, 28 Juli 2021 | 10:40 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
4 Minuman segar penurun asam lambung tinggi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung tinggi muncul karena banyak faktor salah satunya konsumsi makanan pedas dan berlemak. Asam lambung sering naik? Ini 4 minuman segar yang bisa membantu menurunkan asam lambung tinggi. 

Asam lambung salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat tanah air. Asal tahu saja, penyakit ini bisa menyerang laki-laki dan perempuan segala usia.

Baca Juga: 3 Ramuan herbal yang bisa merontokkan asam urat tinggi

Kadar asam lambung naik dipicu oleh sejumlah faktor seperti stres, konsumsi makanan pedas, dan makanan yang mengandung lemak tinggi. 

Setiap orang pasti merasa tidak nyaman saat kadar asam lambung naik. Maklum saja, penderita akan mengalami sejumlah gejala seperti, mulut terasa asam, kembung, mual, dada seperti terbakar, dan rasa nyeri di ulu hati. 

Anda bisa meminimalisasi risiko naiknya asam lambung dengan cara menjalankan pola hidup sehat. 

Namun, untuk Anda yang sudah menderita asam lambung bisa mengonsumsi obat untuk meredakannya. Asal tahu saja, obat asam lambung cukup banyak dijual di apotek dan toko ritel modern. 

Opsi lainnya, Anda bisa mengonsumsi obat herbal, buah, atau sayur yang memiliki khasiat menurunkan asam lambung tinggi. 

Minuman penurun asam lambung tinggi

Ada beberapa jenis minuman yang bisa membantu menurunkan asam lambung tinggi. 

Anda penasaran? 

Ini daftar minuman segar yang bisa mengobati asam lambung tinggi. 

1. Air kelapa

Melansir dari Kompas.com, air kelapa baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. 

Sebab, air kelapa mengandung kalium yang berperan untuk menjaga keseimbangan PH dalam tubuh serta mengontrol kadar asam lambung dan mengurangi risiko refluks lambung.  

2. Jus buah dan sayur 

Beberapa jenis sayur dan buah memang bisa memicu naiknya asam lambung. Namun ada sejumlah sayur dan buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. 

Beberapa diantaranya adalah bit, semangka, bayam, mentimun, dan pir. Anda bisa mengolah bahan-bahan tersebut menjadi jus agar lebih nikmat dikonsumsi. 

3. Air putih 

Minum air putih secara cukup bisa membantu menurunkan asam lambung tinggi. Hal ini disebabkan, air memiliki PH netral, sehingga bisa membantu meningkatkan PH makanan yang bersifat asam. 

4. Air lemon 

Lemon dikenal sebagai buah yang memiliki rasa asam. Tapi, siapa sangka lemon efektif menurunkan asam lambung tinggi. 

Mengutip dari Kompas.com, air lemon bersifat basa dan bisa menetralisir asam lambung. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup ambil satu sendok makan air perasan lemon lalu masukkan ke dalam segelas air hangat. Anda minum air lemon hangat tersebut sebelum makan. 

Sekedar mengingatkan, Anda sebaiknya mengonsumsi lemon secukupnya. Sebab, konsumsi lemon berlebihan bisa mengikis enamel gigi dan memicu gangguan pencernaan.  

Baca Juga: Anda menderita darah tinggi? Daun kopi bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Selanjutnya: Kenali efek samping dan manfaat lemon untuk kesehatan

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru