Kenali efek samping dan manfaat lemon untuk kesehatan

Selasa, 27 Juli 2021 | 15:40 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Kenali efek samping dan manfaat lemon untuk kesehatan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lemon, kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sebelum konsumsi secara rutin, kenali dulu efek samping dan manfaat lemon untuk kesehatan. 

Jeruk lemon cukup mudah ditemukan di pasar tradisional, pasar modern, dan juga toko ritel modern.  

Baca Juga: 6 Minuman yang efektif menurunkan kolesterol tinggi

Kebanyakan jeruk lemon dikonsumsi dengan cara diperas dan diambil airnya. Selain dikonsumsi secara langsung, biasanya air lemon dijadikan bahan masakan dan membuat kue. 

Selain menjadi bahan masakan, jeruk lemon juga tergolong tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan.  

Mengutip dari buku Subtansi Nutrasetikal Sumber dan Manfaat Kesehatan karya I Nengah Kencana Putra, pohon jeruk lemon dapat tumbuh sampai enam meter. 

Karakter pohon jeruk lemon memiliki cabang berduri, daun berbentuk bulat telur dan buah berbentuk bulat telur berwarna kuning muda sampai kuning tua. 

Jeruk lemon mengandung banyak senyawa aktif seperti fitokimia, flavonoid, kumarin, psoralen, karotenoid. Selain mengandung banyak senyawa aktif, jeruk lemon juga mengandung banyak vitamin dan mineral. 

Lemon mengandung, protein, lemak, serat, karbohidrat, tiamin, riboflavin,niacin, vitamin C, kalsium, fosfor, Besi,  

Manfaat lemon untuk kesehatan 

Mengandung banyak senyawa aktif, vitamin, dan mineral membuat jeruk lemon kaya manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat jeruk lemon untuk kesehatan. 

1. Menyehatkan jantung

Jeruk lemon kaya akan kalium. Mengutip dari buku Khasiat Lemon untuk Kestabilan Kesehatan karya Hindah Muaris, dalam 100 gram jeruk lemon mengandung kalium sekitar 140 mg. 

Kalium merupakan mineral yang penting untuk otak karena bermanfaat mengontrol detak jantung dan tekanan darah. 

2. Mencegah penyakit batu ginjal 

Jeruk lemon bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. 

Penelitian yang dilakukan di Maroko tahun 2007 melaporkan bahwa minum jus lemon dapat mencegah pembentukan batu ginjal pada tikus. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Sudah bukan rahasia bila jeruk lemon bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam 100 gramjeruk lemon mengandung sekitar 39 mg vitamin C. 

Kadar vitamin C yang cukup tinggi di dalam jeruk lemon membuatnya tidak mudah rusak karena memiliki pH yang cukup asam yakni 2-3. 

Selain itu jeruk lemon juga mengandung quersetin yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. 

4. Mengontrol gula darah 

American Diabetes Association (ADA) memasukkan jeruk lemon sebagai superfood diabetes. Jeruk lemon mengandung quersetin yang berperan untuk menyeimbangkan  kadar gula darah dalam tubuh, 

5. Mencegah kanker 

Jeruk lemon mengandung flavonoid yang berperan sebagai penangkal radikal bebas dan aktioksidan. Flavonoid juga berfungsi sebagai antivirus, antikanker, dan antialergenik. 

Asian Pasific Journal of Cancer Prevention menyebutkan bahwa ekstrak lemon meningkatkan pemrograman kematian sel di dalam sel kanker payudara. 

6. Detoksifikasi 

Jeruk lemon juga bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Jeruk lemon mengandung asam sitrat yang berperan menyerap racun dalam sirkulasi darah yang dibuang melalui urin. 

Efek samping lemon 

Lemon memang kaya akan antioksidan dan senyawa aktif yang baik untuk kesehatan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi lemon bisa memicu masalah kesehatan. 

Mengutip dari Kompas.com, minum air lemon terlalu banyak bisa memicu heartburn, mual dan muntah. 

Menurut American Dental Association minum air lemon secara berlebihan bisa memperburuk sariawan. 

Tidak hanya itu, terlalu banyak konsumsi air lemon memicu meningkatnya produksi urin di ginjal dan pada kasus tertentu menyebabkan dehidrasi. 

Maka dari itu, Anda sebaiknya mengonsumsi lemon secukupnya. 

Baca Juga: Ini manfaat infused water nanas untuk kesehatan tubuh Anda

Selanjutnya: 5 Manfaat infused water jeruk nipis: menurunkan berat badan sampai kolesterol

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru