4 Masker Putih Telur Ini Mudah untuk Dibuat, Apa Saja?

Rabu, 22 Desember 2021 | 08:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Masker Putih Telur Ini Mudah untuk Dibuat, Apa Saja?

ILUSTRASI. Anda bisa mencampur bahan alami lain menjadi masker putih telur.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rutin memakai masker putih telur bisa mendatangkan banyak manfaat, lho. Alasannya karena putih telur mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Anda tidak perlu bingung karena cara membuat masker cukup mudah untuk Anda coba.

Manfaat putih telur untuk wajah yang utama adalah mengencangkan kulit dan mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan. Tak hanya itu, putih telur juga berguna untuk mengobati jerawat, membersihkan dan mengecilkan pori-pori, serta melembutkan kulit.

Meski demikian, Anda perlu mengetahui bahwa tiap masalah kulit membutuhkan masker putih telur yang berbeda-beda. Misalnya, produksi minyak berlebih membutuhkan masker yang terbuat dari putih telur, madu, dan lemon. Untuk masalah kulit yang lain, tentu saja kebutuhan kombinasi bahannya tak sama.

Putih Telur, Tepung Maizena, Gula

Mengutip dari Pete and Gerrys (peteandgerrys.com), kombinasi putih telur, tepung maizena, dan gula bisa jadi salah satu cara membersihkan pori-pori kulit. Dengan begitu, minyak, sebum, atau jenis kotoran lain tak menumpuk dan menimbulkan masalah kulit.

Cara membuat masker putih telur tersebut cukup mudah. Pertama, campur satu putih telur, 1 sdm gula, dan 2 sdt tepung maizena. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah lalu diamkan dulu selama 15 menit atau hingga kering. Selanjutnya, bilas sisa masker dengan air.

Baca Juga: 6 Cara menghilangkan komedo secara alami, wajib coba

Putih Telur, Teh Kamomil, Lidah Buaya

Anda bisa membuat masker putih telur dengan teh kamomil dan lidah buaya.

Pete and Gerry’s mengatakan bahwa kombinasi satu putih telur, 1 sdt teh kamomil, dan 1 sdt gel lidah buaya cocok digunakan untuk mengatasi iritasi kulit. Apalagi jika iritasi terjadi akibat paparan sinar matahari berlebih.

Kandungan dalam bahan-bahan alami tersebut mampu meredakan peradangan dan kemerahan sehingga kondisi kulit tak semakin parah. Anda hanya perlu mengaplikasikan masker putih telur itu pada wajah selama 20 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Cara membuat masker wajah dari bahan alami, tanpa ribet

Putih Telur, Jeruk, Kunyit

Masker putih telur yang ditambah dengan jeruk dan kunyit bisa mencerahkan kulit.

Apakah Anda ingin mencerahkan warna kulit? Jika iya, cobalah untuk rutin memakai masker yang terbuat dari 1 putih telur, 1 sdt air perasan jeruk, ½ sdt bubuk kunyit. Aplikasikan masker itu pada wajah dengan gerakan memutar. Diamkan dulu selama 15 menit kemudian bersihkan memakai air.

Putih Telur, Madu, Lemon

Seperti yang telah dikatakan, masker putih telur, madu, dan lemon berguna untuk mengatasi produksi minyak berlebih. Antibakteri yang terkandung dalam madu mampu mencegah infeksi bakteri penyebab jerawat. Di sisi lain, lemon berguna untuk mencerahkan warna kulit.

Anda perlu mencampur satu putih telur, 1 sdt madu, dan air perasan setengah lemon. Aduk bahan-bahan alami itu hingga rata lalu aplikasikan pada wajah Anda. Diamkan dulu selama minimal 15 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru