kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat saffron untuk wajah, cocok jadi obat jerawat


Jumat, 12 Maret 2021 / 14:55 WIB
4 Manfaat saffron untuk wajah, cocok jadi obat jerawat
ILUSTRASI. Manfaat saffron untuk wajah berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam bahan alami itu.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Apa itu saffron? Saffron adalah salah satu jenis rempah dengan aroma yang khas. Tak hanya meningkatkan cita rasa makanan, ada banyak manfaat saffron untuk wajah.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memakai bahan alami ini di rutinitas perawatan kulit Anda.

Melansir Everyday Health, khasiat saffron berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dalam 0,7 g saffron, Anda bisa mendapat 0,08 g protein, 0,6 mg vitamin C, 0,01 mg zinc, dan 12 mg kalium.

Angka-angka tersebut menunjukkan, ada segudang manfaat bunga saffron, baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Supaya kegunaan saffron bisa maksimal, cobalah untuk memakainya secara rutin.

Mencerahkan kulit wajah

Manfaat saffron untuk wajah yang pertama adalah mencerahkan warna kulit. Mengutip dari Femina India, Anda perlu merendam bunga saffron ke dalam setengah gelas susu. Setelah itu, gunakanlah pada kulit wajah Anda.

Selain memakai bunga saffron, ada baiknya bagi Anda untuk mencegah beberapa faktor yang menyebabkan kulit kusam. Misalnya, polusi, cuaca, dan lain sebagainya. Mencukupi waktu tidur juga bisa Anda lakukan supaya kulit terlihat makin cerah.

Baca Juga: Tips menurunkan berat badan, konsumsi 5 buah untuk diet ini

Obat jerawat

Salah satu manfaat saffron untuk wajah adalah jadi obat jerawat.

Manfaat saffron untuk kecantikan juga bisa Anda dapat dengan memakainya sebagai obat jerawat. Antibakteri dan antiinflamasi dalam bunga saffron cocok digunakan bagi Anda yang memiliki tipe kulit mudah berjerawat.

Supaya khasiat bunga saffron itu semakin maksimal, cobalah untuk mengkombinasikannya bersama daun kemangi. Campur lima hingga enam daun kemangi dengan 10 batang bunga saffron.

Setelah itu, beri sedikit air hingga berbentuk pasta. Gunakan masker saffron itu pada area kulit yang berjerawat secara rutin.

Baca Juga: Saffron, rempah termahal di dunia yang kaya manfaat bagi kesehatan

Mempercepat proses penyembuhan luka

Femina India menyebutkan, mengaplikasikan bunga saffron pada luka bisa mempercepat proses penyembuhannya. Tak hanya itu, kandungan dalam bunga saffron pun dapat menyamarkan noda hitam bekas luka tersebut.

Caranya, celupkan 2 sdm saffron dengan air hingga berbentuk pasta. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa tetes minyak kelapa lalu aduk sampai rata. Aplikasikan campuran itu pada luka supaya cepat sembuh dan tidak meninggalkan bekas.

Bisa dijadikan toner

Manfaat saffron untuk wajah lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bahan alami itu bisa dimanfaatkan sebagai toner. Tak hanya menyegarkan, saffron pun dapat menutrisi kulit secara maksimal.

Anda bisa mencampur beberapa batang bunga saffron dengan air mawar untuk mendapat toner yang Anda butuhkan.

Selanjutnya: Bisa jadi penurun berat badan, ini 4 manfaat saffron untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×