Kesehatan Umum

4 Manfaat minyak zaitun yang berguna untuk kesehatan

Rabu, 31 Maret 2021 | 10:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat minyak zaitun yang berguna untuk kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat minyak zaitun bisa Anda dapat jika Anda mengonsumsinya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat minyak zaitun bisa Anda dapat jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Anda bisa mencampurnya dengan berbagai jenis hidangan yang Anda konsumsi. Namun, pastikan untuk mengolah hidangan tersebut dengan cara yang sehat, ya.

Minyak zaitun mengandung banyak senyawa yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan itu mampu melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain penyakit, tanda penuaan juga bisa dicegah saat Anda menggunakan minyak zaitun.

Tak berhenti sampai di situ, minyak zaitun juga mengandung lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Mengutip dari Olive Wellness Institute (olivewellnessinstitute.com), minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal hingga 73%. Kandungan-kandungan itulah yang membuat minyak zaitun bermanfaat.

Memperkuat Tulang

Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah memperkuat tulang dan mencegah pengeroposan tulang saat usia Anda bertambah. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi minyak zaitun dapat menurunkan risiko patah tulang hingga 51%.

Baca Juga: Catat! 9 Makanan ini harus diwaspadai oleh penderita darah tinggi

Mencegah Diabetes

Penderita diabetes memiliki efektivitas insulin yang rendah. Nah, hal itu bisa diatasi dengan konsumsi minyak zaitun. Senyawa yang terkandung dalam bahan alami itu mampu meningkatkan efektivitas insulin dan memperbaiki metabolisme gula darah dalam tubuh.

Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian. Partisipan yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2 hingga 13%. Cobalah untuk memasukkan minyak zaitun pada makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat minyak zaitun adalah menurunkan risiko penyakit jantung.

Olive Wellness Institute mengatakan bahwa minyak zaitun berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun mampu menurunkan tekanan darah dan membuat arteri tak mudah mengeras.

Baca Juga: Cara menurunkan darah tinggi selain obat, makan sayur brokoli, bayam, seledri dll

Mencegah Stroke

Manfaat minyak zaitun lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bahan alami itu mampu mencegah terjadinya stroke. Kondisi itu berpengaruh pada poin sebelumnya. Tak hanya menurunkan tekanan darah, mengonsumsi minyak zaitun juga mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Saat tekanan darah dan jumlah kolesterol terkontrol, kemungkinan Anda mengalami stroke menjadi lebih rendah. Supaya manfaat itu lebih terasa, cobalah untuk mengkombinasikan minyak zaitun dengan makanan lain yang memiliki banyak lemak tak jenuh tunggal.

Selanjutnya: Inilah rekomendasi makanan untuk penderita diabetes

Editor: Belladina Biananda
Terbaru