Kesehatan Umum

4 Manfaat labu siam terbaik untuk kesehatan tubuh Anda

Senin, 30 November 2020 | 12:24 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat labu siam terbaik untuk kesehatan tubuh Anda

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat labu siam untuk kesehatan Anda.


KONTAN.CO.ID - Labu siam merupakan salah satu jenis labu yang memiliki banyak kegunaan. Manfaat labu siam berasal dari nutrisi dan antioksidan yang ada di dalamnya.

Jika Anda mengonsumsinya secara rutin, manfaat labu siam berikut bisa Anda dapatkan:

Kaya antioksidan

Labu siam mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk melawan berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh. Kandungan tersebut mampu memperbaiki sel dalam tubuh yang rusak, meredakan peradangan, dan mengatasi stres oksidatif dalam tubuh.

Myricetin, salah satu jenis antioksidan yang ada dalam labu siam, berfungsi sebagai antidiabetes, antiinflamasi, dan antikanker. Tak hanya itu, vitamin C dalam labu siam juga bisa memaksimalkan kinerja antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: Ini manfaat daun dan buah jambu biji sebagai obat herbal

Meningkatkan kesehatan jantung

Mengutip Healhtline, mengonsumsi labu siam secara rutin mampu menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Mulai dari tekanan darah, kolesterol, dan aliran darah. Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian yang melibatkan hewan percobaan.

Senyawa dalam labu siam membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks. Sehingga, aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah lebih stabil.

Tak hanya itu, labu siam juga mampu memenuhi 14% kebutuhan serat harian. Semakin banyak sumber makanan berserat yang Anda konsumsi, risiko penyakit jantung bisa turun.

Mengontrol gula darah

Labu siam mengandung banyak serat yang bisa larut dalam air. Jenis serat tersebut berguna untuk mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh Anda. Jenis serat itu akan memperlambat proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat sehingga gula darah bisa berkurang.

Selain itu, manfaat labu siam juga berpengaruh pada insulin. Labu siam meningkatkan sensitivitas insulin sehingga gula darah yang diproduksi pun berkurang. Bagi penderita diabetes, labu siam perlu dimasukkan dalam menu makan sehari-hari.

Baca Juga: Manis dan renyah, ini manfaat konsumsi buah kesemek untuk kesehatan

Menyehatkan kehamilan

Salah satu manfaat labu siam adalah menyehatkan kehamilan.

Labu siam juga berguna untuk menunjang kehamilan karena mengandung banyak folat. Folat atau vitamin B9 dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Healthline menyebutkan, mencukupi kebutuhan folat dapat mencegah kelahiran prematur. Dengan mengonsumsi labu siam, Anda bisa memenuhi 40% kebutuhan folat per hari.

Selain makan labu siam, Anda bisa melengkapi sumber gizi selama kehamilan dengan makanan bernutrisi lainnya, agar kesehatan janin dan ibu hamil terjaga.

Selanjutnya: Sayur untuk diet ini bisa mengecilkan perut buncit Anda

Editor: Belladina Biananda


Terbaru